Menu

Strategi Nasional Mengatasi & Penyebaran Covid-19 Bisa Melalui Udara

Strategi Nasional Mengatasi & Penyebaran Covid-19 Bisa Melalui Udara
Strategi Nasional Mengatasi & Penyebaran Covid-19 Bisa Melalui Udara. (By Design A. Warits/Mata Madura)
Link Banner

Oleh: Syarifullah*

Pimpinan World Health Organization (WHO) pada Selasa (7/07/2020) menyatakan bahwa terdapat bukti penyebaran virus Corona (Covid-19) bisa melalui udara (airborne). Dan Organisasi Kesehatan Dunia tersebut kemudian merilis pernyataan resmi yang menyebutkan sejumlah studi yang menunjukkan bahwa virus Corona bisa bertahan di udara, terutama pada ruangan tertutup, dan bisa menular.

Pembaharuan WHO mengenai transmisi virus Corona melalui udara tidak menghapus peringatan WHO mengenai penularan virus ini melalui droplet. Kontak dekat dengan seseorang yang mengeluarkan air liur atau sekresi pernapasan dengan droplet berdiameter lebih dari 5-10 mikron tetap berpotensi menularkan virus.

WHO juga meminta orang untuk memakai masker saat di ruang tertutup dan penuh sesak, memastikan ventilasi di seluruh ruangan berfungsi baik, melakukan pembersihan rutin dan disinfeksi secara tepat. Menyediakan ventilasi yang cukup dan efektif adalah salah satu yang bisa dilakukan. Dengan begitu akan ada pasokan udara bersih dari luar ruangan.

Benedetta Allegranzi, Ketua Teknis untuk Pencegahan dan Pengendalian Infeksi WHO, dalam konferensi pers pada Selasa (7/07/2020) di Geneva, mengakui adanya bukti-bukti penularan virus Corona baru ini melalui udara. “Kemungkinan penularan melalui udara dalam pengaturan publik, terutama dalam kondisi yang sangat spesifik, padat, tertutup, pengaturan berventilasi buruk tidak dapat dikesampingkan,” ujar Benedetta.

Langkah antisipasi yang dilakukan Pemerintah dinilai banyak pihak sudah cukup optimal, sehingga patut diapresiasi. Penanggulangan tersebut dilaksanakan mulai dari penerbitan protokol kesehatan, peningkatan fasilitas kesehatan, pemeriksaan kesehatan di pintu masuk Negara, hingga pembentukan Gugus Tugas Penanganan Virus Corona.

Saat ini masyarakat juga tidak tahu kapan pandemi Covid-19 akan berakhir. Secara Nasional, data terakhir jumlah kasus Covid-19 di Indonesia pada hari Selasa (28/07/2020) menunjukkan bahwa kasus baru sebanyak 1.748 total menjadi 102.051 orang dinyatakan terkonfirmasi Covid-19, kasus baru sebanyak 2.366 total menjadi 60.539 orang dinyatakan sembuh dan kasus baru sebanyak 63 total menjadi 4.901 orang dinyatakan meninggal. Sedangkan untuk jumlah orang yang diduga tertular Covid-19, atau disebut suspek tercatat 44.003 orang. Dan untuk jumlah daerah yang terjangkit virus Corona sudah sebanyak 469 kabupaten/kota dari 34 provinsi terdampak di Indonesia.

Menurut WHO, udara yang diembuskan oleh penderita Covid-19 memungkinkan transmisi virus melalui aerosol. Aerosol adalah percikan pernapasan yang sangat kecil, sehingga dapat bertahan di udara. Dalam deskripsi terbaru tentang bagaimana virus ini menyebar, WHO mengatakan penularan virus Corona lewat udara mungkin menggambarkan wabah Covid-19 yang terjadi di beberapa ruangan tertutup, seperti restoran, klub malam, tempat ibadah, atau tempat kerja di mana banyak orang berteriak, berbicara, atau bernyanyi.

Berdasarkan data ini, Pemerintah sepertinya perlu memastikan apakah Indonesia bisa berhasil mengatasi dan penyebaran Covid-19 melalui udara tersebut.

Strategi Mengatasi Covid-19?

Sehubungan dengan peningkatan status ini, banyak negara di dunia termasuk Eropa, Asia, Australia, hingga Amerika Serikat mencoba menahan laju penyakit dengan membatasi kontak perorangan melalui pembatalan pertemuan publik.

Upaya ini termasuk penutupan taman hiburan, penundaan belajar di sekolah, penangguhan kegiatan olahraga profesional, hingga pembatalan acara hiburan atau konferensi lainnya, yang memungkinkan terjadi pertemuan banyak orang.

Penutupan massal ini memang telah menambah rasa khawatir dan kepanikan yang besar terhadap penyakit tersebut. Akan tetapi, ini merupakan langkah baik dan tepat untuk menghindari penyebaran virus Corona dan penyakit.

Bahwa penyebaran virus Corona baru ini memprihatinkan, sehingga strategi terbaik yang harus dilakukan untuk menghadapinya saat ini adalah dengan menahan laju sebarannya. Dalam hal ini, misalnya tidak mengadakan kegiatan yang menghadirkan banyak orang.

Bagaimana Cara Mencegah Penyebaran Covid-19 melalui Udara?

Terkait dengan perkembangan terbaru ini, WHO tetap merekomendasikan protokol kesehatan seperti menjaga kebersihan tangan, physical distancing serta tetap menggunakan masker. Selain itu, WHO juga mengimbau agar menghindari tempat ramai serta ruang terbatas dan tertutup dengan ventilasi buruk. Disinfeksi lingkungan yang sesuai juga direkomendasikan.

Reisa mengatakab berdasarkan pernyataan resmi WHO pada 9 Juli 2020, transmisi atau penularan SARS-CoV-2 dapat terjadi, terutama melalui percikan atau buliran air liur atau droplet baik secara langsung, tidak langsung ataupun melalui kontak dekat.

Transmisi melalui udara itu dapat terjadi pada beberapa tindakan medis yang menimbulkan aerosol atau tetesan pernapasan yang sangat kecil yang dapat melayang di udara, seperti pada saat bronkoskopi, intubasi trakea, pemberian tekanan pada dada saat resusitasi jantung dan kegiatan serupa lainnya yang biasa dilakukan di fasilitas kesehatan.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menjelaskan lima cara mencegah penyebaran Covid-19 melalui udara, yaitu:

1. Memastikan adanya ventilasi atau sirkulasi dalam sebuah ruangan. “Pastikan ruang kerja atau ruang kita beraktivitas memiliki sirkulasi udara yang baik dan mendapatkan sinar matahari.”

2. Masyarakat juga dianjurkan untuk tetap menjaga jarak, terutama saat berada di dalam sebuah ruangan.

3. Masyarakat juga diimbau untuk menghindari ruangan yang dipadati dengan banyak orang.

4. Masyarakat harus selalu memakai masker selama berada di luar rumah atau di tempat umum, termasuk juga ketika berada di dalam ruangan kantor.

5. Masyarakat harus secara teratur membersihkan permukaan benda-benda yang ada di sekitar ruangan dengan cairan disinfektan guna mencegah kemungkinan penyebaran Covid-19.

Pada akhirnya, setiap orang harus memiliki pengetahuan dan kesadaran tentang penyebaran Covid-19 baru yang bisa menular dengan cepat.

Mari bersama-sama berjuang untuk disiplin untuk selalu jaga kesehatan, jaga jarak, selalu patuhi aturan Pemerintah agar wabah ini segera berakhir. Tetap sehat dan semangat.

*Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Tinggalkan Balasan

Lowongan
Lowongan
Lowongan

Ra Fuad Amin

Tasawuf

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d blogger menyukai ini: