Menu

Vaksinasi Covid-19 di Sapeken Tertinggi se-Sumenep

Vaksinasi Covid-19 di Sapeken Tertinggi se-Sumenep
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Desa Pagerungan Besar, Kecamatan Sapeken, Sumenep, Selasa (31/8/2021). (Foto for Mata Madura)

matamaduranews.comSUMENEP-Jumlah vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Sapeken tertinggi se-Kabupaten Sumenep sejak pekan ketiga Agustus hingga awal September 2021.

Data ini berdasarkan jumlah total cakupan harian vaksinasi Covid-19 dari 30 Puskesmas pada 27 Kecamatan se-Sumenep sebagaimana data Tim PPKM Kabupaten.

Sebelumnya, gerakan vaksinasi massal di Sumenep diluncurkan sejak tanggal 24 Agustus hingga 31 Agustus 2021.

Vaksinasi massal digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep setiap hari di tiap kecamatan, baik daratan maupun kepulauan, merupakan upaya memaksimalkan pencapaian target vaksinasi.

Selama sepekan lebih, sejak tanggal 23-31 Agustus 2021 jumlah total masyarakat yang divaksin se-Sumenep mencapai 14.075.

Sedangkan periode 1-3 September ini, jumlah total kabupaten sebanyak 3.828 vaksin.

Dari jumlah total kabupaten periode 23-31 Agustus 2021, Puskesmas Sapeken telah melaksanakan vaksinasi sebanyak 1.526.

Vaksinasi Massal

Vaksinasi di Sapeken tersebut tergolong rangking tertinggi kedua setelah Puskesmas Raas dengan total cakupan 2.046 vaksin.

Peringkat ketiga jumlah terbanyak cakupan vaksinasi dari Puskesmas Arjasa 1.246 vaksin. Dan peringkat keempat Puskesmas Pamolokan mencapai 1.204 vaksin.

Sedangkan 26 puskesmas lainnya hanya memiliki total cakupan vaksinasi harian mayoritas di bawah angka 1000 vaksin.

Plt Camat Sapeken Jailani HS membenarkan, total hasil vaksinasi massal hingga tanggal 31 Agustus 2021 di desa Pagerungan Besar telah mencapai 1.526 vaksin.

Jumlah tersebut sesuai dengan data cakupan harian vaksinasi Covid-19 Puskesmas se-Sumenep selama 9 hari kerja.

“Sumber data ini dari Tim PPKM Kabupaten Sumenep yang diupdate setiap hari berdasarkan hasil vaksinasi massal pada tiap kecamatan se-Kabupaten Sumenep,” jelas Jailani, Rabu (1/9/2021).

Namun, lanjut Jailani, kebutuhan vaksin di Desa Pagerungan Besar masih membengkak pada tanggal 1 September 2021.

Sehingga, pihaknya bersama Tim Nakes Puskesmas Sapeken rela susah payah mengirim vaksin menempuh perjalanan laut menggunakan speed boat sejauh 25 mil.

Vaksinasi Massal

Tim vaksinator bersama Forkopimka menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari kantor Kecamatan Sapeken menuju Desa Pagerungan Besar.

“Hari ini tanggal 1 September 2021 cakupan harian vaksinasi Covid-19 Puskesmas Sapeken ada 726,” ungkap Jailani.

Terbaru, sejak tanggal 1-3 September 2021 cakupan harian vaksinasi sudah mencapai 4 desa dari 11 desa di Kecamatan Sapeken.

Jumlah total cakupan harian vaksinasi Covid-19 Puskesmas Sapeken selama tiga hari di awal bulan September ini tercatat 1.342 vaksin, menduduki peringkat tertinggi pertama se-Kabupaten Sumenep.

Jika ditotal dengan jumlah cakupan harian vaksinasi Covid-19 periode 23-31 Agustus 2021, Puskesmas Sapeken telah melaksanakan vaksinasi sebanyak 2.868, yakni tertinggi se-Sumenep.

“Ini angka yang cukup fantastis dan tercepat. Perolehan kerja yang bagus ini tak lepas dari tingkat kesadaran masyarakat yang tinggi akan pentingnya vaksin untuk memutus penyebaran wabah Covid-19,” ujar Jailani.

Plt Camat Sapeken itu menambahkan, perolehan angka tertinggi gerakan vaksinasi Covid-19 secara massal di Sapeken barangkali bisa menjadi percontohan tingginya kesadaran masyarakat di kepulauan terpencil untuk masyarakat daratan.

“Semoga upaya perjuangan kita bersama pemerintah tidak sia-sia dalam menuntaskan wabah Covid 19 secara maksimal secepatnya,” harap Jailani.

Yudie, Mata Madura

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Tinggalkan Balasan

Yono

matajatim.id

Disway

Catatan

Tasawuf

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d blogger menyukai ini: