Nasional

Waspada!!! Suhu Panas Menyengat Satu Minggu di Indonesia 

×

Waspada!!! Suhu Panas Menyengat Satu Minggu di Indonesia 

Sebarkan artikel ini
Waspada!!! Suhu Panas Menyengat Satu Minggu di Indonesia 

matamaduranews.com-Jika anda merasa gerah karena terasa panas beberapa hari terakhir. Itu akibat lonjakan suhu panas yang sedang melanda bumi khatulistiwa di Indonesia.

Sebagaimana prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk wilayah Indonesia yang akan mengalami panas selama kurang lebih satu minggu ini.

Hal ini dikarenakan matahari yang berada dekat dengan jalur khatulistiwa.

“Dalam waktu sekitar satu minggu ke depan masih ada potensi suhu terik di sekitar wilayah Indonesia mengingat posisi semu matahari masih akan berlanjut ke selatan dan kondisi atmosfer yang masih cukup kering sehingga potensi awan yang bisa menghalangi terik matahari juga sangat kecil pertumbuhannya,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo, dalam keterangannya, Selasa (22/10/2019).

Sejak Sabtu, 19 Oktober mencatat suhu udara maksimum yang mencapai 37 C.

Bahkan pada Minggu, 20 Oktober ada tiga stasiun pengamatan BMKG di Sulawesi yang mencatat suhu maksimum tertinggi.

“Stasiun Meteorologi Hasanuddin (Makassar) 38.8 C, diikuti Stasiun Klimatologi Maros 38.3 C, dan Stasiun Meteorologi Sangia Ni Bandera 37.8 C. Suhu tersebut merupakan catatan suhu tertinggi dalam satu tahun terakhir, di mana pada periode Oktober di tahun 2018 tercatat suhu maksimum mencapai 37 C,” ucap Mulyono.

Sementara itu, stasiun – stasiun meteorologi di pulau Jawa hingga Nusa Tenggara mencatatkan suhu udara maksimum terukur berkisar antara 35 C – 36.5 C pada periode 19 – 20 Oktober 2019.

sumber: detik.

KPU Bangkalan