Menu

12 Kab/Kota di Jatim Jadi Zona Merah Covid-19

12 Kab/Kota di Jatim Jadi Zona Merah Covid-19
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

matamaduranews.comSURABAYA-Kabupaten Situbondo, Jember, Lumajang dan Kota Batu menjadi zona merah penyebaran virus Corona di Jawa Timur.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menetapkan Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Malang dan Kota Malang, Kabupaten Gresik, Kabupaten Blitar, Kabupaten Magetan, dan Kabupaten Kediri masuk zona merah dalam penyebaran Covid-19 atau Virus Corona.

“Jadi ada 4 wilayah baru zona merah yakni Situbondo, Lumajang, Jember dan Kota Batu. Wilayah-wilayah tersebut sebelumnya tidak masuk zona merah, karena sudah ada yang dinyatakan positif maka masuk zona merah,” terang Khofifah kepada wartawan saat jumpa pers di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (26/3/2020).

Dari update terbaru penyebaran Covid-19 di Jawa Timur tercatat ada 12 kabupaten/kota di Jatim yang masuk zona merah setelah ada pasien positif Corona.

Update virus corona yang dipaparkan Gubernur Khofifah per Jumat (27/3/2020) menyebut, tambahan pasien positif Corona sebanyak 7 orang. Sehingga, data yang sebelumnya tercatat ada 59 menjadi 66 pasien.

“Tambahan dari yang positif adalah 7 orang. Kemarin 59 sekarang menjadi 66,” ucap Khofifah saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi.

Dari data yang dihimpun, 7 orang positif baru ini berasal dari Kabupaten Malang 1 orang, Kota Malang 1, Jember 1, Situbondo 2, Lumajang 1 dan Batu 1 orang.

Khofifah mengatakan, kasus 7 positif yang baru menambah 4 daerah masuk dalam kategori zona merah.

“(Zona) merah yang baru itu Situbondo, Jember, Lumajang dan Batu,” tambah Khofifah.

Dikatakan, orang dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga bertambah. Dari sebelumnya 221, bertambah menjadi 267 orang.

Sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP) mengalami lonjakan yang cukup tinggi dari yang sebelumnya 3.055 orang, menjadi 3781 orang.

Khofifah menjelaskan beberapa daerah sebelumnya masuk zona hijau atau kuning. Zona hijau diketahui wilayah yang hanya memiliki pasien ODP Corona, sedangkan zona kuning adalah wilayah yang memiliki pasien PDP Corona.

“Seperti Kota Batu sebelumnya hijau hanya ODP, kini ada pasien positif Corona). Kalau wilayah Situbondo, Jember dan Lumajang sebelumnya zona kuning, karena memiliki pasien PDP,” terangnya.

Hadi, Mata Surabaya

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Tinggalkan Balasan

MMN

Disway

Catatan

Tasawuf

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d blogger menyukai ini: