Peristiwa

2019 BLK Kangean Mulai Beroperasi

×

2019 BLK Kangean Mulai Beroperasi

Sebarkan artikel ini
2019 BLK Kangean Mulai Beroperasi
Bupati Busyro Karim didampingi Wabup Achmad Fauzi menggunting pita sebagai tanda Gedung BLK Kangean sudah diresmikan. (Foto Rusydiyono/Mata Madura)

matamaduranews.comSUMENEP-Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kepulauan, Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur bangun Balai Latihan Kerja (BLK) khusus daerah Kepulauan yang bertempat di Desa Pandeman, Kecamatan Arjasa Kepulauan Kangean.

Gedung BLK kepulauan tersebut sudah diresmikan oleh Bupati Sumenep KH A. Busyro Karim, Rabu (05/12/2018) berbarengan dengan agenda Safari Kepulauan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sumenep, Mohammad Fadillah menjelaskan, tujuan dibangunnya BLK kepulauan untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan kerja masyarakat kepulauan.

“Sehingga, warga kepulauan khususnya Kangean yang menjadi TKI ilegal berkurang seiring dengan meningkatnya keterampilan dan keahlian kerja yang didapat di BLK,” jelas mantan Kadishub itu.

Di BLK Kangean, lanjut Fadillah, ada empat kejuruan, yakni bordir, otomotif, meuble, dan las listrik.

Sementara itu, Bupati Busyro Karim mengimbau kepada Disnaker dan pihak UPT BLK agar pelatihan tidak hanya fokus kejuruan yang ada. Namun bagaimana BLK mampu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan warga yang selama ini sudah menjadi TKI.

“Sehingga, walaupun menjadi TKI tidak melulu menjadi buruh kasar,” kata Bupati Busyro.

Kepala UPT BLK Kangean Mardiana menambahkan bahwa setelah diresmikan, balai latihan tersebut mulai beroperasi tahun depan.

“Januari 2019 akan memulai tahapan rekrutmennya,” terang Mardiana.

Ia juga berharap, dengan adanya BLK, tingkat pengangguran menurun.

“Kami optimis, jika warga Kangean sudah memiliki kemampuan dan keahlian khusus pengangguran dapat distop,” pungkas Mardiana dengan nada meyakinkan.

Rusydiyono, Mata Madura

KPU Bangkalan