Anies-Khofifah di Pilpres 2024, Mungkinkah?

Anies-Khofifah di Pilpres 2024, Mungkinkah?Deklarasi pencapresan Anies oleh Partai Nasdem terhadap pencalonan Anies memang sudah dilakukan, tapi dampak deklarasi itulah yang sampai sekarang menyambar kemana mana.

Ada tiga hal yang bisa dicermati tentang dampak deklarasi yang dipercepat itu, pertama bagi Nasdem dan partai calon koalisi serta terhadap partai diluar calon koalisi.

Untuk melihat dampak tersebut tentu dibutuhkan dasar pertimbangan-pertimbangan yang mampu memunculkan dampak tersebut. Dasar pertimbangan itu adalah dasar pertimbangan obyektif dan dasar pertimbangan subyektif.

Bagi Nasdem, dasar pertimbangan obyektif yang bisa berdampak baik adalah Anies dipandang sebagai calon presiden yang mampu menjaga keberlanjutan program yang sudah dilakukan oleh Jokowi. Hal ini penting, karena Nasdem adalah bagian dari koalisi pemerintahan saat ini.

Ada tanggung jawab moral yang harus dilakukan untuk menjaga keberlanjutan program.

Namun Nasdem juga menyadari dibutuhkan perubahan-perubahan strategi pengelolaan negara agar bisa menjawab tantangan bangsa ini kedepan.

Memilih Anies sebagai capres dasar pertimbangan obyektifnya adalah untuk kepentingan bangsa sedang dasar subyektifnya, tentu Nasdem punya tanggung jawab moral menjaga kesinambungan program pembangunan nasional yang sudah dijalankan oleh Jokowi, namun di satu sisi Nasdem juga butuh perubahan strategi dalam menjawab tantangan masa depan bangsa.

BACA JUGA :  KPU Sumenep Usulkan 47 Caleg, Bukan 50 Caleg Untuk Dilantik. Kenapa?

Bagi calon koalisi Nasdem, Partai Demokrat dan PKS tentu dasar pertimbangan obyektifnya adalah mereka juga akan mempercepat proses deklarasi capresnya, tentu saja nama Anies menjadi titik temu dalam kepentingan melanjutkan pembangunan dan melakukan perubahan strategi dalam menjawab tantangan zaman.

Komentar