Begini Langkah Sigap Puskesmas Batang-Batang Antisipasi Covid-19

×

Begini Langkah Sigap Puskesmas Batang-Batang Antisipasi Covid-19

Sebarkan artikel ini
Puskesmas Batang-Batang
Kepala Puskesmas Batang-Batang, Hudi Kuswoyo, S.Kep,NS saat terima kunjungan Bupati Busyro di Puskesmas Batang-Batang, Rabu (15/04/2020) kemarin. (Foto Yudie/Mata Madura)

matamaduranews.comSUMENEP-Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim bersama rombongan Forkopimda  menyempatkan diri meninjau kesiapan Puskesmas Batang-Batang dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 untuk wilayah Kecamatan Batang-Batang, Rabu (15/04/2020) kemarin.

Orang nomor satu di Sumenep itu meninjau kesiapan sarana prasarana dan ruang isolasi perawatan ODR dan beberapa ruang perawatan lainnya untuk ODP, setelah memberikan pengarahan sekaligus menyerahkan bantuan sembako di Kantor Kecamatan Batang-Batang.

Pantauan Mata Madura, untuk sementara saat ini belum tampak pasien ODR atau ODP yang dirawat di Puskesmas Batang-Batang. Berikutnya, Bupati Busyro menuju ruang  Rekam Medik untuk mengecek data kunjungan pasien saat ini.

Baca Juga: Pantau Perkembangan Covid-19 di Batang-Batang, Bupati Busyro Berikan Bantuan

Berdasarkan data yang diperlihatkan pada Bupati Busyro, terdapat 227 ODR dan 4 ODP yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Kemudian ada 13 pasien umum dan 20 pasien BPJS yang dirawat di Puskemas Batang-Batang.

“Kami memberikan dua alternatif pilihan khusus ODP dan ODR. Jika kondisinya tidak parah, kami persilakan untuk isolasi diri di rumah di bawah pantauan tim medis,” kata Kepala Puskesmas Batang-Batang, Hudi Kuswoyo, S.Kep,Ns.

Baca Juga: Bupati Sumenep Minta Kades Dirikan Posko Covid-19

“Tapi jika kondisinya dianggap parah, kami wajibkan untuk dirawat di puskesmas agar mendapat penanganan perawatan yang maksimal,” imbuhnya.

Sementara untuk persediaan Alat Pelindung Diri (APD), disinfektan, masker dan lainnya, Hudi menjelaskan semuanya sudah cukup. Sebelumnya, persediaan APD di Puskemas Batang-Batang memang sempat minim.

“Untuk seluruh masyarakat Batang-Batang, kami berharap agar selalu menjaga diri sesuai dengan yang dianjurkan pemerintah. Bergegaslah konsultasi ke puskesmas, jika diperkirakan ada gejala dari virus Corona. Kasihanilah jiwa sendiri dan jiwa orang lain,” pesan Hudi.

Yudie, Mata Madura

KPU Bangkalan