Pariwisata

Bisa Dicoba, 5 Tempat Kuliner Khas Jika Mau Berlibur ke Pantai Lombang

×

Bisa Dicoba, 5 Tempat Kuliner Khas Jika Mau Berlibur ke Pantai Lombang

Sebarkan artikel ini
Kuliner Khas Menuju Pantai Lombang
5 Tempat Kuliner Khas Menuju Pantai Lombang. (Foto Design by A. Warits/Mata Madura)

matamaduranews.comSUMENEP-Tak cukup menikmati indahnya pemandangan alam, setiap orang yang berkunjung ke lokasi wisata biasanya juga ingin menikmati berbagai sajian kuliner khas yang ada di sekitar tempat wisata.

Berikut sejumlah tempat kuliner khas yang bisa dinikmati wisatawan bila bermaksud berlibur ke Pantai Lombang Kecamatan Batang-Batang, Sumenep, Madura. Berbagai tempat ini bisa dikunjungi sebelum menuju lokasi pantai untuk rehat sejenak sambil kulineran, atau sesudahnya ketika akan pulang usai jalan-jalan menikmati panorama pantai.

Sepanjang akses menuju Pantai Lombang yang terletak di sisi timur Kota Sumenep, kira-kira berjarak 26 kilometer dari pusat Kota Sumenep, saat ini sudah banyak kedai kuliner khas yang sudah dilengkapi dengan area parkir yang memadai.

Sedikitnya ada lima lokasi yang bisa dijadikan tempat rehat melepas penat sambil kulineran khas, baik sebelum tiba atau sesudah berwisata ke pantai Lombang:

  1. Pentol Cinta

Pentol Cinta, kuliner ini berlokasi di Desa Poja, Kecamatan Gapura, berjarak sekitar 3 Km meter ke timur arah Kota Sumenep menuju Pantai Lombang. Rutenya, setelah menempuh perjalanan 3 kilometer pengunjung akan mendapati konter HP yang bersebelahan dengan Masjid di sisi kiri jalan. Di sebelah barat konter itu ada pintu gerbang menuju lokasi Pentol Cinta. Kurang lebih 1 km pengunjung akan tiba di lokasi kuliner khas Pentol Cinta.

Selain area parkirnya luas, tempatnya bagus, harganya juga terbilang murah apabila dibandingkan dengan rasanya yang khas.

  1. Pentol Barokah

Untuk kuliner berikutnya ini, dari sisi bahan tidak jauh beda dengan Pentol Cinta, sama-sama berbahan dasar Tahu dan adonan Tepung. Kuliner ini berlokasi di Desa Banjar Barat, Kecamatan Gapura. Kurang lebih 5 km jarak tempuh dari lokasi Pentol Cinta.

Setelah menempuh perjalanan dengan jarak tempuh 5 km dari Desa Poja lokasi Pentol Cinta, pengunjung akan menemukan petunjuk berupa papan nama yang bertuliskan Pentol Barokah di sisi kanan Jalan tepat di perbatasan desa Banjar Barat dan Banjar Timur. Nah, di sisi kiri jalan raya ada jalan masuk sepanjang 100 meter menuju kedai Pentol Barokah.

Bedanya di lokasi Pentol Barokah dengan Pentol Cinta, setiap pengunjung yang datang akan dimanja suasana alam dan udara yang lebih sejuk, karena sekitar lokasi tersebut banyak tumbuh pohon kelapa dan beberapa jenis pepohonan lainnya. Sehingga, desir angin di tempat itu lebih terasa.

  1. Cafe Az-Zahra Gapura

Di cafe yang letaknya sebelah timur Puskesmas Gapura ini, setiap orang yang bermaksud ke Pantai Lombang bisa istirahat sejenak untuk melepas penat selama perjalanan, lebih-lebih bagi pengunjung dari luar Sumenep.

Selain menyediakan aneka minuman, jus, kopi dan lainnya, di tempat ini juga menyediakan makanan jika wisatawan mau mengganjal perut. Bahkan, mau meeting pun bisa. Ada ruang lesehan yang bisa digunakan untuk rapat di café ini.

  1. Nurani Resto

Di tempat ini, selain menu-menu yang disediakan juga beragam, mulai dari minuman, aneka jus, dan snack, pengunjung juga bisa menunaikan shalat, karena di samping resto tersedia mushalla.

Wisatawan yang singgah tak perlu khawatir jika kebetulan kuota paket data internet di Hpnya habis. Karena di cafe tersebut juga disediakan wifi gratis.

Atau pengunjung yang berangkat berombongan, baik dari instansi pemerintahan atau karyawan perusahaan bermaksud mau mengadakan rapat untuk sekedar briefing anggota rombongan, tak usah bingung. Resto Nurani juga menyedikan tempat untuk rapat atau meeting.

Lokasinya pun tidak sulit untuk dikunjungi. Jika wisatawan yang mau ke Pantai Lombang melewati Jalan Raya Dungkek dari arah Kota Sumenep, maka ketika tiba di Desa Longos, akan terlihat bangunan unik bercorak bangunan kuna di sisi kiri jalan bertuliskan Nurani Resto.

  1. Tahu Walek Kedai Longghu

Kuliner yang sudah mempunyai banyak pelanggan karena cita rasanya yang gurih ini akan wisatawan temui di Desa Banuaju Timur. Tepat utara balai desa kiri jalan bagi pengunjung dari arah selatan, kanan jalan bagi pengunjung dari arah utara.

Sangat mudah menjumpai kuliner khas desa ini. Selain lokasinya di bahu jalan raya, warna cat orange yang mencolok pada kedai tersebut membuat orang mudah mengenalinya, Kedai Longghu namanya.

Selain aneka minuman, di Kedai Longghu pengunjung akan dimanja dengan Tahu Walek dan Pentol Tahu. Sebagaimana kesan pelanggannya, yang membedakan Tahu Walek di Kedai Longghu dengan kuliner sejenis di tempat lain adalah bumbu dan sambalnya yang khas. Ada dua jenis sambal yaitu sambal saos tomat yang dipadu dengan kecap, juga ada sambal petis yang beraroma khas.

Tak hanya itu, tempat yang disediakan juga nyaman, karena di sekitar kedai tumbuh pohon-pohon besar yang rindang. Sehingga, udara di kedai tersebut terasa sejuk, apalagi sambil mengunyah Tahu Walek dan dipadu dengan minuman-minuman segar yang disediakan.

Itulah 5 tempat kulineran yang Mata Madura rekomendasikan bagi wisatawan yang ingin berwisata ke Pantai Lombang. Jangan lupa mampir dan bilang infonya dari Mata Madura punya.

Rusydiyono, Mata Madura

KPU Bangkalan