Menu

Bupati Busyro Ingin Wisata Sumenep Berbasis Warga

Bupati Busyro Ingin Wisata Sumenep Berbasis Warga
Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim saat memberi sambutan di acara Jung-Rojung Sataretanan Mapak Visit Sumenep 2018. foto: hambali rasidi, Mata Madura
Link Banner
Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim saat memberi sambutan di acara Jung-Rojung Sataretanan Mapak Visit Sumenep 2018. foto: hambali rasidi, Mata Madura

Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim saat memberi sambutan di acara Jung-Rojung Sataretanan Mapak Visit Sumenep 2018.
foto: hambali rasidi, Mata Madura

MataMaduraNews.comSUMENEP-Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim  menyatakan keinginanan untuk mewujudkan destinasi wisata Sumenep berbasis warga. Dengan keterlibatan warga dalam aktvitas wisata bisa memberi efek domino kesejahteraan bagi warga Sumenep.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Busyro saat membuka acara Jungrojung Sataretanan Mapak Visit Sumenep 2018, di Pendopo Kabupaten Sumenep, Sabtu (22/7/2017) pagi.

Menurut Bupati Kiai Busyro, kesuksesan wisata di Sumenep tergantung tiga pilar. Pertama, Pemerintah. Kedua, Pengusaha.  Ketiga, warga

“Tiga pilar ini yang bisa membawa kesuksesan Visit Sumenep 2018. Pemerintah sebatas memfasilitasi dan mendorong. Peran aktif pengusaha dan warga sekitar, sangat vital dalam mewujudkan objek wisata ramai pengunjung,” terangnya.

Dikatakan, wisata Sumenep dikata sukses apabila membawa efek kesejahteraan  kepada masyarakat. “Nah kami berharap peran pengusaha dan stakeholder lain ikut ambil bagian dalam mensukseskan Visit Sumenep 2018. Dan kerlibatan aktif warga sekitar destinasi wisata akan memiliki hubungan emosi dalam memajukan wisata Sumenep. Sehingga, alur ekonomi wisata dirasakan masyarakat. Dan PAD juga ikut bertambah,” tambah bupati.

Acara Jungrojung Sataretanan Mapak Visit Sumenep 2018 inidigelar oleh anggota grup WhatsApp Forum Parawisata Sumenep.Para anggota terdiri dari para pejabat Sumenep, aktivis, pengusaha dan perantau Sumenep yang memiliki kepedulian atas kemajuan wisata Sumenep.

Bupati Busyro menyampaikan banyak terimakasih atas inisiatif anggota grup WhatsApp yang secara ikhlas membuat kegiatan dalam rangka mensukseskan Visit Sumenep 2018.

Rombongan dari Rantau Malang ikut meriahkan acara. Ibu Fifi (tengah), Mas Faid, Admin Grup WhatsApp (pinggir kanan)

Rombongan dari Rantau Malang ikut meriahkan acara. Ibu Fifi (tengah), Mas Faid, Admin Grup WhatsApp (pinggir kanan)

“Kehadiran Bapak/Ibu di acara ini menjadi semangat kami dalam memajukan Sumenep. Di tengah padat aktivitas sebagai orang sukses, Bapak/Ibu meluangkan waktu dan memikirkan kemajuan tanah kelahiran. Ini merupakan kebanggan kami,” jelasnya.

Terlihat hadir, puluhan perantau Sumenep yang sukses di segela bidang yang ikut memeriahkan acara. Seperti dari Malang, Surabaya, Jakarta, Bandung, Jogjakarta.Seperti, Mall Director Malang Town Square (MATOS), Fifi Trisjantie,  Zainal B, Ahmad Faidlal Rahman (Malang), Nanag Wahyudi (Jakarta).

Dari Sumenep, terlihat Dandim 0827 Sumenep Letkol Inf Budi Santosa, Direktur Utama BPRS Bhakti Sumekar, Novi Sujatmiko, Budayawan Edhi Setiawan, dan sejumlah pimpinan SOPD Sumenep.

Sebelum acara dimulai, topeng dalam dengan materi Visit Sumenep 2018 menyambut undangan. Usai sambutan dilanjut diskusi forum. Acara diskusi terlihat guyub dengan moderator Yayak Nurwahyudi, Kepala Bappeda.

Ada banyak respon positif dari peserta. Seperti keinginan Nanang Wahyudi, pengusaha garmen Jakarta asal Sapudi, Sumenep yang tertarik investasi wisata di Pantai Lombang dan sejumlah objek wisata lainnya. Ibu Fifi dan rombongan dari Batu, Malang, menyatakan siap menmboyong konsep wisata Batu, Malang dalam memajukan wisata Sumenep.

Acara ini digelar dua hari. Hari pertama digelar acara diskusi bertempat di Pendopo Kabupaten. Usai ramah tamah, peserta menghadiri acara uji coba penerbangan maskapai wings Air dengan rute; Sumenep-Surabaya-Jakarta, Sumenep-Surabaya-Bali-NTB. Setelah dari Bandara Trunojoyo, peserta Jongrojung melihat obyek wisata Tectona dan Boekit Tinggi.

Peserta Jungrojung Foto Bersama di Boekit Tinggi, Daramista, Lenteng.

Peserta Jungrojung Foto Bersama di Boekit Tinggi, Daramista, Lenteng.

Hari kedua, dilanjut kunjungan di sejumlah objek wisata Sumenep. Seperti, Pulau Gili Labak dan Wisata Kota Tua di Kalianget.

Ketua Pelaksana Kegiatan Jungrojung Sataretanan Mapak Visit Sumenep 2018, Yusuf Ismail dalam sambutan menyampaikan banyak terimakasih atas kehadiran para rantau Sumenep. Menurutnya, kegiatan tersebut tidak ada arti tanpa peran serta para rantau Sumenep dalam memikirkan kemajuan wisata Sumenep.

“Kami yakin, dengan semangat Jungrojung Sataretanan mari kita sukseskan Visit Sumenep 2018. Kalau bukan kita orang Sumenep, siapa lagi yang mau memikirkan kemajuan tanah kelahiran. Program Pak Bupati dalam memajukan Wisata Sumenep, mari kita investasi secara jungrojung (gotong royong,red.),” ujarnya disambut tepuk tangan undangan.

Hambali Rasidi, Mata Madura

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Lowongan

Ra Fuad Amin

Kerapan Sapi

Inspirator

Catatan

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional