Menu

Cegah Penyebaran Covid-19, RT 01 Perum Pondok Indah Kolor Sumenep Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Cegah Penyebaran Covid-19, RT 01 Perum Pondok Indah Kolor Sumenep Lakukan Penyemprotan Disinfektan
Ketua RT 01 RW 06 Perum Pondok Indah Kolor Sumenep, H. Ibnu Hajar saat melakukan penyemprotan disinfektan di rumah warganya, Kamis (26/03/2020) siang. (Foto Rafiqi/Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.comSUMENEP-Guna mencegah penyebaran wabah Covid-19 di wilayah Kabupaten Sumenep, warga RT 01 RW 06 Perumahan Pondok Indah Kolor Sumenep melakukan penyemprotan disinfektan terhadap rumah secara gotong-royong pada Kamis (26/03/2020) siang.

Ketua RT 01, H. Ibnu Hajar mengungkapkan, penyemprotan disinfektan tersebut dilakukan atas inisiatif dari semua warga RT 01 RW 06 di Perumahan Pondok Indah Kolor Sumenep dengan tujuan mengantisipasi menyebarnya virus Corona yang menjadi kegelisahan masyarakat.

Sebagai Ketua RT 01 RW 06, Ibnu, pangilan akrabnya langsung mengakomodir inisatif tersebut dengan terlebih dahulu berembuk bersama para pengurus RT. Hingga kemudian lahirlah kesepakatan melakukan penyemprotan disinfektan terhadap rumah 125 KK di RT 01 RW 06 Perum Pondok Indah Kolor Sumenep siang tadi.

“Warga sini tentu juga resah dengan wabah Covid-19 ini, makanya saat ada inisiatif dari warga, sebagai Ketua RT saya langsung tanggap berembuk dengan pengurus RT untuk melakukan penyemprotan. Dan Alhamdulillah warga setuju,” ungkapnya di sela penyemprotan, Kamis (26/03/2020) siang.

Baca Juga: Siaga Covid-19, Klinik Ummi Gerilya Lakukan Penyemprotan

Meski merupakan kegiatan pencegahan Covid-19, Ibnu menegaskan penyemprotan disinfektan di RT 01 RW 06 tersebut dilakukan secara swadaya. Tidak ada bantuan dari Pemerintah, baik dari Dinas Kesehatan maupun dari Pemerintah Desa.

“Semuanya murni uang warga yang diambil dari kas RT. Biaya yang dihabiskan untuk bahan-bahan penyemprotan ini sekitar Rp 550 ribu,” jelas Ibnu.

Ia berharap, kekompakan di RT 01 RW 06 Perum Pondok Indah Kolor Sumenep itu dapat menjadi contoh untuk RT-RT yang lain. Sehingga, hal demikian bisa membantu Pemerintah dalam upaya melakukan pencegahan terhadap wabah Covid-19 di Sumenep.

“Karena bagaimanapun wabah Covid-19 ini kan menjadi tanggung jawab bersama. Jadi, sebagai warga kita tidak perlu menunggu tindakan dari Pemerintah,” ujar Ibnu.

Baca Juga: Lima Langkah Pasti Bupati Busyro Hadang Virus Corona

Lebih lanjut, Ibnu menjelaskan lingkungan RT-nya merupakan RT yang cukup gemuk di Kota Sumenep. Ada sekitar 125 rumah di RT 01 RW 06 Perum Pondok Indah Kolor Sumenep, sehingga pihaknya melakukan antisipasi dengan penyemprotan disinfektan karena lingkungan RT-nya memang cukup padat.

“Makanya sebagai Ketua RT saya menginisiasi ini (penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga, red),” tegasnya.

Sementara itu, H. Qomar, salah seorang warga RT 01 RW 06 Perum Pondok Indah Kolor Sumenep mengaku senang ada kepedulian dari pihak RT untuk melakukan antisipasi terhadap penyebaran Covid-19 di lingkungannya.

“Saya senang sekali ada kepedulian dari pihak RT, sehingga dilakukan penyemprotan ini. Apalagi tidak ada pungutan biaya khusus untuk kegiatan ini,” ungkap H. Qomar.

Rafiqi, Mata Madura

Bagikan di sini!
KOMENTAR

1 Komentar

Lowongan

Ra Fuad Amin

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d blogger menyukai ini: