Dinkes Sumenep Genjot Vaksinasi Covid-19

Tak Berkategori

matamaduranews.comSUMENEP-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur terus genjot Vaksinasi Covid-19 menjelang akhir tahun 2021.

Genjot vaksinasi Covid-19 ini dilakukan Dinkes Sumenep untuk mencapai target minimal 50 persen vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Sumenep.

Kepala Dinkes Sumenep, Agus Mulyono mengungkapkan, capaian vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama di Kota Keris hingga ini masih di angka 37,52 persen.

Karena itu, pihaknya bersama Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Sumenep tak pernah lelah menggenjot vaksinasi kepada masyarakat melalui berbagai cara.

“Kita sekarang punya dua sasaran vaksinasi, yaitu masyarakat lanjut usia (lansia) dan kalangan pelajar,” kata Agus saat ditemui di kantornya, Kamis (2/12/2021).

Bahkan, khusus lansia yang ingin melakukan vaksinasi tidak perlu datang ke Puskesmas. Kata Agus sudah ada petugas yang siap mendatangi rumah yang bersangkutan.

“Puskesmas siap untuk datang secara door to door atau ke rumah-rumah masyarakat untuk melakukan vaksinasi, sehingga tidak perlu datang ke Puskesmas,” ungkapnya.

Sementara untuk memasifkan vaksinasi di kalangan pelajar, Dinkes Sumenep bersama Tim Satgas Covid-19 menargetkan siswa SMA dan SMP atau yang sederajat.

“Kami tiada lelah untuk terus berupaya. Bahkan kami menyasar siswa SMA dan SMP di sekolah-sekolah supaya siswa-siswa yang belum divaksin segera melakukan vaksin,” ujar Agus.

Untuk menyukseskan vaksinasi di kalangan pelajar, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama berdasarkan Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Bupati Sumenep.

Namun, vaksinasi di kalangan pelajar ini akan berjalan dengan baik jika didukung penuh oleh orang tua dan lembaga sekolah masing-masing. Sehingga, Agus berharap dukungan dari para elemen tersebut.

“Kami berharap kepada orang tua siswa supaya memberikan dukungan kepada putra-putrinya agar melakukan vaksin. Termasuk pihak sekolah juga harus berperan aktif,” pungkasnya. (*)

Komentar