Enam Kades Terpilih di Bangkalan Wafat Sebelum Dilantik, Bupati akan Tunjuk Pj

Mata Madura - 30/07/2021
Enam Kades Terpilih di Bangkalan Wafat Sebelum Dilantik, Bupati akan Tunjuk Pj
 - ()
Penulis
|
Editor

matamaduranews.comSUMENEP-Sebanyak enam Kepala Desa (Kades) terpilih periode 2021-2027 di Kabupaten Bangkalan wafat sebelum dilantik oleh Bupati R Abdul Latif Amin Imron.

Akhirnya, Bupati Bangkalan hanya melantik dan mengambil sumpah 111 dari total 117 Kades terpilih hasil Pilkades Serentak di 18 kecamatan yang digelar tanggal 2 Mei lalu.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pelantikan dan pengambilan sumpah 111 Kades terpilih secara virtual dipusatkan di Pendopo Kabupaten Bangkalan pada Rabu (28/7/2021) siang.

Baca Juga: Secara Khusus, Bupati Bangkalan Minta Para Kades Bekerjasama Menanggulangi Covid-19

Hanya 18 kades terpilih perwakilan dari 18 kecamatan yang dihadirkan dalam pelantikan, sementara sisanya mengikuti kegiatan secara virtual di kantor kecamatan mengingat masih dalam situasi PPKM.

Adapun keenam kades yang meninggal sebelum dilantik yaitu, Kades Desa Buluh Kecamatan Socah, Kades Tegar Priyah Kecamatan Geger, Kades Kamal Kecamatan Kamal, Kades Sendang Laok Kecamatan Labang dan Kades Makam Agung dan kades Cendagah Kecamatan Arosbaya.

Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron mengatakan, sebanyak 6 Kades terpilih yang meninggal dunia akan dilakukan pemilihan ulang di tahun 2022. Sehingga, pihaknya akan menunjuk Penanggung jawab (Pj) untuk mengisi kekosongan jabatan selama menunggu terpilihnya kades baru.

“Untuk enam desa akan segera diterbitkan SK untuk Pj sementara, sebab enam calon meninggal dunia sebelum pelantikan,” jelasnya, Rabu (28/7/2021) lalu.

Rencana Pemkab Bangkalan menunjuk Pj selaras dengan desakan Ketua DPRD Bangkalan Mohammad Fahad. Dia mengingatkan pemerintah, dalam hal ini Bupati segera menunjuk Penanggung jawab (Pj) Kades.

“Mekanisme pemilihannya nanti dapat mengikuti Pilkades berikutnya yang sudah pemerintah,” kata Fahad seperti dikutip CNNIndonesia.com, Jumat (30/7/2021).

Syaiful, Mata Madura

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
--> -->