GP Ansor Gapura Bakal Gelar Festival Hadrah Klasik se-Kabupaten Sumenep, Yuk Buruan Daftar

Mata Madura - 01/03/2020
GP Ansor Gapura Bakal Gelar Festival Hadrah Klasik se-Kabupaten Sumenep, Yuk Buruan Daftar
Kolase foto Pamflet Festival Hadrah Klasik se-Kabupaten Sumenep oleh PAC GP Ansor Gapura & Subbanul Khair, S.Pd.I, Ketua Panitia. (Foto for Mata Madura) - ()
Penulis
|
Editor
Link Banner

matamaduranews.comSUMENEP-PAC GP Ansor Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur bakal menggelar Festival Hadrah Klasik se-Kabupaten Sumenep pada bulan Ramadan 1441 Hijriah nanti.

Lomba ini menurut Subbanul Khair selaku Ketua Panitia, dimaksudkan untuk menyemarakkan datangnya bulan suci umat Islam di tahun 2020.

Di samping, kata dia, juga sebagai salah satu bukti kecintaan PAC GP Ansor Gapura kepada Nabi Muhammad SAW yang selalu diharap dan didambakan syafaatnya dengan memperbanyak shalawat.

“Kegiatan ini kami lakukan juga untuk membumikan dan menumbuhkembangkan konsep ajaran Ahlussunah Waljamaah ala Nahdlatul Ulama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata Subban, Sabtu (29/02/2020) malam.

Mengusung tema ‘Merajut Ukhuwah dalam bingkai Shalawat Seni Hadrah Festival Hadrah Klasik’, lomba ini dijadwalkan berlangsung selama 5 hari pada tanggal 5 – 9 Mei 2020 di halaman Kantor Kecamatan Gapura.

Sedangkan untuk peserta, lomba yang digelar dalam rangka membumikan Hadrah Klasik ini bisa diikuti oleh seluruh Jam’iyatul Hadrah yang ada di Kabupaten Sumenep.

“Para peserta nantinya akan memperebutkan Thropy Juara I, II, III, Uang Pembinaan, dan Piagam serta Thropy Harapan I, II, III dan Piagam, yang akan diserahkan pada Malam Anugerah sekaligus Hikmah Ramadan,” ujar Subban.

Panitia membuka pendaftaran Festival Hadrah Klasik se-Kabupaten Sumenep selama sebulan lebih. Yakni dimulai pada tanggal 1 Maret hari ini sampai 3 Mei 2020 mendatang.

“Pendaftaran bisa dilakukan di Sekretariat Panitia Kantor PAC GP Ansor Kecamatan Gapura atau melalui Contact Person yang tertera di pamflet-pamflet dan banner yang mulai kami sebar,” terang Subban.

Sementara itu, Ketua PAC GP Ansor Gapura, Marzuki mengungkapkan, Festival Hadrah Klasik se-Kabupaten Sumenep di bulan Ramadan 1441 Hijriah ini digelar pihaknya dengan sejumlah tujuan.

Selain guna meningkatkan IMTAQ dan rasa cinta kepada Allah dan Rasul-Nya, membina silaturrahim yang hangat dan erat sesama muslim, juga untuk membentuk mental dan melatih keberanian anak bangsa.

“Termasuk menumbuhkembangkan suasana Fastabiqul Khairat, dan memperkuat jalinan persatuan dan kebersamaan antar warga Nahdliyin dan masyarakat,” ujar Marzuki.

Karena itu, pihaknya berharap partisipasi Jam’iyatul Hadrah se-Kabupaten Sumenep untuk mengikuti dan menyemarakkan lomba Hadrah Klasik ini.

Karena bagaimanapun, hadrah klasik merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan.

“Kalau bukan kita, siapa lagi. Jadi, saya ajak seluruh Jam’iyatul Hadrah dan masyarakat untuk meramaikan lomba ini,” tegas Marzuki.

Berikut Petunjuk Teknis dan Persyaratan Lomba Hadrah Klasik PAC GP Ansor Gapura di bulan Ramadan 1441 Hijriah:

• Mengisi formulir pendaftaran
• Membayar uang jaminan sebesar Rp. 100.000 per-group, apabila tidak datang maka uang jaminan tersebut milik panitia
• Peserta: setiap group berjumlah 22 orang (5 orang pemukul hadrah plus Hadi, 2 orang Penjawab, 1 orang Pemukul Tombuk, 13 orang Peruddat, 1 Pendamping)
• Membawakan 1 buah lagu klasik  Cipt. H. Ahmad Bin Ta’lab (bukan versi dangdut) yang berisi : 2 lagu Matennok, 2 lagu Juz, 3 lagu Yahum plus Muroddah
• Jenis/variasi pukulan Standar (pokolan temor)
• Vocal (Hadi) yang sudah masuk rekaman resmi tidak boleh mengikuti lomba
• Peserta tidak memperbolehkan tampil lebih dari 1 group Hadrah
• Semua peserta berhak mendapatkan komsumsi dan pengganti transport sesuai wilayah Kecamatan (khusus Luar Kecamatan Gapura)
• Bersedia mengikuti tata tertib perlombaan dan menjaga sportifitas
• Penilaian meliputi ; Performance, Makhraj, Lagu, Adab, dll.

Rafiqi, Mata Madura

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
--> -->