Religi

JCH Sumenep Dijadwal Terbang ke Madinah Jumat Malam

×

JCH Sumenep Dijadwal Terbang ke Madinah Jumat Malam

Sebarkan artikel ini
Jamaah Haji Jatim
Jamaah Calon Haji Saat Menaiki Pesawat Menuju Madinah

matamaduranews.com-Setelah menjalani proses karantina dan pemeriksaan di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. Rombongan Jamaah Calon Haji (JCH) asal Sumenep Madura dijadwal akan terbang ke Madinah dari Bandara Juanda Surabaya pada hari Jumat malam, 26 Mei jam 20.25 WIB. Rombongan berikutnya berangkat pada jam 22.25 WIB.

Sesuai dengan jadwal yang dikeluarkan Kemenag melalui situs kemenag.go.id, pemberangkatan dan pemulangan Jamaah Calon Haji melalui Embarkasi Surabaya Tahun 1444H/2023. JCH asal Sumenep ini tiba di Asrama Haji Sukolilo pada Kamis malam jam 19.00 dan 21.00 WIB.

Diperkirakan pesawat yang mengangkut JCH asal Sumenep dan JCH kabuten lain di Jatim akan tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada Sabtu 27 Mei jam 02.25 dan 04.25 waktu Arab Saudi.

Jadwal JCH 2023
Jadwal JCH 2023 Melalui Embarkasi Surabaya

Sebelumnya pada Kamis siang 25 Mei 2023. Wabup Sumenep Nyi Dewi Khalifah melepas rombongan Jamaah Haji Sumenep di halaman GOR A Yani Sumenep.

Smeentara, General Manager Bandara Juanda, Sisyani Jaffar mengungkapkan, pada hari pertama dijadwal tiga penerbangan keberangkatan menuju Madinah, dengan rincian kloter pertama mengangkut calon jamaah Haji asal Bangkalan pada pukul 09.15 WIB.

Kloter kedua yang mengangkut calon haji 2023 dari Kota Madiun, Bangkalan, dan Kota Surabaya pada pukul 11.15 WIB. Serta kloter ketiga yang akan memberangkatkan calon jamaah Haji yang berasal dari Sampang, Bangkalan, dan Kota Surabaya pada pukul 13.15 WIB.

“Selama periode embarkasi yang berlangsung 30 hari kami akan melayani dua hingga tiga penerbangan haji per harinya. Kami mohon doa dan dukungan agar pelayanan Angkutan Haji dapat berjalan baik dan lancar,” ujar Sisyani, Selasa 23 Mei 2023 seperti dikutip liputan6.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepas kelompok terbang (kloter) pertama jemaah haji 1444 H/2023. Gubernur Khofifah meminta agar para jemaah haji senantiasa mendoakan daerahnya.

Khofifah berharap agar setiap masyarakat muslim dapat menunaikan ibadah haji. ”Mohon doa ketika panjenengan di berbagai tempat mustajabah, doakan kami masyarakat Jawa Timur dan bangsa Indonesia selalu aman, damai, dan penuh barokah,” ucap Khofifah.

”Mudah-mudahan yang sekarang dipanggil melaksanakan ibadah haji, keluarga panjenengan dan keluarga kita semua juga akan dipanggil Allah untuk melaksanakan ibadah haji. Salam sehat, sukses, berkah, dan mabrur. Amin,” tambah gubernur perempuan pertama Jatim itu.

Dikutip dari situs tribun. Kloter pertama jamaah haji memasuki pesawat Saudi Arabia Airlines dengan nomor penerbangan SV5079 di Bandar Udara Internasional Juanda, Rabu (24/5/2023) pada pukul 09.15 WIB, atau tepat waktu sesuai dengan jadwal take off dari bandara yang sudah direncanakan.

Embarkasi Surabaya menampung 84 kloter yang berasal dari Jawa Timur sebanyak 35.152 jamaah, Bali 698 jamaah dan NTT 668 jamaah dengan total jamaah dan petugas sebanyak 36.938 orang.

Sementara, jamaah haji terus berdatangan di Madinah sejak Rabu (24/5/2023) kemarin. Ada sebanyak 5.858 jemaah dijadwalkan tiba di Madinah pada hari kedua kedatangan, Kamis (25/5/2023).

Berdasarkan data yang diperoleh tim Media Center Haji (MCH), 5.858 jemaah tersebut terbagi dalam 15 kelompok terbang (kloter). Jumlah tersebut sudah termasuk lima petugas kloter yang melekat di tiap-tiap kelompok terbang.

Jamaah pertama yang tiba di Madinah pada hari kedua kedatangan ini berasal dari kloter 4 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG).

Kloter JKG-4 yang berisi 374 jemaah ini dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Amir Mohammed bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah pada pukul 02.20 waktu Arab Saudi (WAS) atau 06.20 WIB. (*)

KPU Bangkalan