Pariwisata

Lirik Potensi Bahari, Kemenpora Fokus Kembangkan Wisata Maritim Sumenep

×

Lirik Potensi Bahari, Kemenpora Fokus Kembangkan Wisata Maritim Sumenep

Sebarkan artikel ini
FGD: Kadisbudparpora Sumenep, Sufiyanto (kiri) dan I Komang Ayu Astiti dari Kementerian Pariwisata, Pemuda dan Olahraga.
FGD: Kadisbudparpora Sumenep, Sufiyanto (kiri) dan I Komang Ayu Astiti dari Kementerian Pariwisata, Pemuda dan Olahraga.

MataMaduraNews.com, SUMENEP – Potensi pariwisata di Madura, khususnya di Kabupaten Sumenep yang sangat luar biasa memang tak bisa dielakkan. Hal ini disampaikan perwakilan Kementerian Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, I Komang Ayu Astiti, pada Focus Group Discussion (FGD) terkait pengembangan potensi bahari Sumenep, Kamis (12/05).

“Budaya dan potensi maritim di Sumenep masih banyak dan ini perlu ada inovasi yang kita terus kembangkan,” katanya, usai acara.

Untuk mewujudkan pengembangan tersebut, tutur I Komang Ayu Astiti, pihaknya pun sudah menetapkan akan fokus pada bidang kemaritiman Kabupaten Sumenep. Namun begitu, ia juga menegaskan bahwa sangat diperlukan adanya kerjasama atau keterlibatan antara pemerintah dengan masyarakat.

“Agar ada kesan dan pesan khas bagi wisatawan yang datang di Sumenep ini. Makanya sangat disayangkan kalau wisatanya tidak dilestarikan,” imbuhnya.

Oleh karena itu, ia tak lupa mengajak semua pihak untuk ikut menjaga dan mengembangkan eksistensi potensi bahari yang ada. Tujuannya, sekali lagi agar para wisatawan terus tertarik dan merasa ada kesan lokal yang mereka bawa dari kabupaten berjuluk Soul of Madura ini.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Sumenep, baik SKPD maupun stakeholder lainnya, sangat menyambut baik terkait rencana pengembangan wisata dari Kementerian Pariwisata tersebut.

“Ini kesempatan besar bagi kita untuk mengembangkan budaya maritim, sehingga kalau dikaitkan pada pariwisata, wisata akan hidup dengan adanya penghidupan maritim di Sumenep,” kata Kadisbudparpora Sumenep, Sufiyanto.

Menurut Sufi, panggilan akrab Kadisbudparpora ini, itu semua (pengembangan, red) akan terus dilakukan demi Sumenep kedepan lebih baik. Sehingga para wisatawan membawa oleh-oleh istimewa yang bisa dishare untuk menarik wisatawan lainnya ke Sumenep.

“Ayo kita buat yang terbaik bagi pariwisata,” tegasnya kepada Mata Madura. (hafidz/rfq)

KPU Bangkalan