Menu

Meriahkan Hari Jadi Sumenep Ke-750, SMAN 1 Bluto Gelar Adduwan Dunggeng Basa Madura

Meriahkan Hari Jadi Sumenep Ke-750, SMAN 1 Bluto Gelar Adduwan Dunggeng Basa Madura
FOTO BERSAMA. Kepala SMAN 1 Bluto, Kacabdin Provinsi Jatim Wilayah Sumenep, Kabid Disparbudpora, Komite Sekolah dan Para Kasek SMP Negeri Sumenep. (Foto Yudie/Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.comSUMENEP-Memeriahkan momentum Hari Jadi Kabupaten Sumenep yang Ke-750, SMAN 1 Bluto menggelar Adduwan Dungngeng Basa Madura dan Nyanyi Laghu Daerah pada Rabu (30/10/2019) kemarin.

Kegiatan yang dikemas dengan Lomba Kreasi Pemuda tersebut merupakan hasil kerjasama SMAN 1 Bluto dengan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep.

Lomba Cerita Bahasa Madura dan Nyanyi Bahasa Daerah yang digelar di pelataran SMAN 1 Bluto itu diikuti sebanyak 44 peserta tingkat SMP/MTs. Se-Kabupaten Sumenep

Selain kedua lomba tersebut, digelar pula Pameran koperasi sekolah, tata busana dan teknik kendaraan ringan, hasil kerajinan pusaka keris serta batik tulis Madura. Bahkan ada bazar dan penampilan kreasi budaya.

Sejumlah pejabat penting yang hadir dalam kegiatan itu yakni Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Sumenep, Drs. H. Sugiono Eksan, Kabid Kepemudaan dan Olahraga Disparbudpora Sumenep, H. Moh. Ikhsan, ST.MT, dan Ketua Komite SMAN 1 Bluto.

Kepala SMAN 1 Bluto, Abu Amin Dasuki ketika sambutan, mengucapkan terima kasih kepada Disparbudpora Sumenep yang telah merespon positif atas ide memprakarsai acara tersebut di momen Hari Jadi Kabupaten Sumenep dengan tujuan menjaga kelestarian budaya Madura dari kepunahan.

“Terima kasih saya ucapkan kepada pihak Disparbupora yang telah mendukung acara ini, juga kepada Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Wilayah Sumenep dan para peserta,” ungkapnya, Rabu (30/10/2019).

Sementara Kacabdin Provinsi Jatim Wilayah Sumenep, Sugiono Eksan juga berterima kasih dan bangga atas kerja sama yang sangat baik ini antara SMAN 1 Bluto dengan Disparbudpora Sumenep.

“Semoga adanya kerjasama ini dapat meningkatkan pemahaman akan budaya daerah Madura kepada para anak didik kita,” ucapnya.

Sugiono berharap pihak Disparbudpora Sumenep selalu membuka peluang kerjasama bukan hanya dalam event ini. Akan tetapi di event-event lainnya, seperti Lomba Gerak Jalan Lintas Kota yang insyaallah sudah direncanakan di akhir tahun 2019, tepatnya di momen tahun baru nanti.

Menjawab harapan Kacabdin, Kabid Kepemudaan dan Olahraga Disparbudpora Sumenep, Moh. Ikhsan menegaskan bahwa kerjasama tersebut merupakan awal mula yang sangat bagus dalam mengembangkan program-program Disparbudpora bersama lembaga pendidikan di Sumenep, baik di bidang pelestarian budaya maupun olah raga.

“Kami akan selalu siap bekerjasama demi peningkatan prestasi siswa di bidang olahraga dan kemajuan budaya di Kabupaten Sumenep,” ujar Ikhsan.

Usai seremonial pembukaan, Kacabdin bersama Kabid Kepemudaan dan Olahraga Disparbupora Sumenep didampingi Kepala SMAN 1 Bluto, meninjau stan pameran dan bazar yang berjumlah 6 stan.

Yudie, Mata Madura

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Lowongan

Ra Fuad Amin

Hukum dan Kriminal

Budaya

Kerapan Sapi

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional