Mulai Besok, Jalur Roda 2 di Jembatan Suramadu Akan Ditutup Setahun

matamaduranews.com-Jalur khusus roda 2 di sisa kanan dan kiri Jembatan Suramadu bakal ditutup secara bergilir selama setahun.

Jalur pengendara motor untuk sementara dialihkan ke jalur roda 4.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan pengerjaan kabel PLN dalam upaya penambahan pasokan daya listrik ke Pulau Madura yang selama ini dirasa kurang.

Rizki Aftarianto, Manager PLN UPP JBTB 2 saat menjelaskan di radio Suara Surabaya, Selasa 12 Juli 2022, disebut, penambahan pasokan listrik di Madura untuk mencegah adanya pemadaman bergilir seiring pertumbuhan listrik yang kian tinggi di empat kabupaten di Madura.

“Pertumbuhan listrik di Madura, daya totalnya 290 Megawatt, tahun 2023 bulan Juli diperkirakan kebutuhannya akan mencapai 300 Megawatt. Kalau belum disuplai akan ada pemadaman bergilir. Akan kita tambah 300 Megawatt agar bisa 600 Megawatt,” kata Rizki saat mengudara di Radio Suara Surabaya, dikutip dari suaraurabayanet.

Dikatakan Rizki, proyek penambahan daya listrik ke Pulau Madura merupakan proyek strategis nasional dengan nilai anggaran Rp 300 miliar.

Pekerjaannya akan dimulai dengan pemasangan kabel SKTT (Saluran Kabel Tegangan Tinggi) sebesar 150 KV yang digelar di sepanjang Jembatan Suramadu.

BACA JUGA :  Baca Yuk..... Rentetan Kekerasan LSM dan Wartawan 2010-2016 di Bangkalan

“Akan disambungkan dari gardu induk PLN di Kedinding ke Bangkalan,” imbuhnya.

Lama waktu pengerjaan memang disebut butuh waktu selama satu tahun.

Karena itu, enutupan jalur roda dua arah Surabaya ke Madura akan dilakukan selama enam bulan.

Pada tanggal 14 Juli 2022 hingga 31 Januari 2023. Dilakukan penutupan jalur roda 2 dari arah Surabaya-Madura.

Sedangkan jalur roda 2 dari arah Madura – Surabaya dimulai ditutup pada bulan Februari hingga Juli 2023.

Patar Hutagalung dari PT Sucaco Tbk. selaku mitra kerja PLN dalam proyek ini menjelaskan, selama penutupan jalur roda 2 akan dialihkan ke jalur darurat roda 4.

“Untuk pengerjaan pertama dikerjakan dari Surabaya ke Madura. Pekerjaan itu membutuhkan 6 bulan karena bersinggungan dengan fasilitas umum. Akan dipasang kabel sepanjang 5.430 meter di sepanjang jembatan di sisi roda 2. Kami akan menempatkan semua utilitas dan pembongkaran yang mengakibatkan pengalihan jalur,” terangnya.(*)

Komentar