Menu

Nasywa Azmi Chandrakarti, Siswi SMA Negeri 1 Sumenep Peraih Juara 3 Lomba Menulis Esai SIRIUS 2020

Nasywa Azmi Chandrakarti, Siswi SMA Negeri 1 Sumenep Peraih Juara 3 Lomba Menulis Esai SIRIUS 2020
Nasywa Azmi Chandrakarti, peraih Juara 3 Lomba Menulis Essai SIRIUS 2020 diapit Kepala SMA Negeri 1 Sumenep, Sukarman (kiri) dan Koordinator Tim Riset dan Literasi SMA Negeri 1 Sumenep, M. Hari Nurdi. (Foto Yudik/Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.comSUMENEP-Nasywa Azmi Chandrakarti, siswi SMA Negeri 1 Sumenep ini berhasil meraih Juara 3 Lomba Menulis Esai Sayembara Inovasi Riset Generasi Genius (SIRIUS) 2020.

Lomba ini diselenggarakan oleh Ngelab Kampus dan Pena Nusantara, sebuah NGO yang bergerak di bidang penelitian di tingkat Nasional maupun Internasional.

Link Banner

Nasywa, demikian akrab dipanggil, adalah satu dari 196 peserta LKTI SIRIUS 2020 dari semua provinsi di Indonesia.

Siswi Kelas XI SMA Negeri 1 Sumenep tersebut mampu bersaing dengan ratusan kompetitor untuk memperebutkan tiga juara Nasional yang ditetapkan penyelenggara.

Di mana gelar Juara 1 diraih oleh SMA Negeri 7 Surabaya, Juara 2 diraih oleh SMA Laboratorium UM, dan Juara 3 diraih oleh Nasywa dari SMA Negeri 1 Sumenep.

M. Hari Nurdi, Wakasek Humas yang merangkap Koordinator Tim Literasi dan Riset SMA Negeri 1 Sumenep menjelaskan, sebelum mengikuti Lomba Menulis Esai itu, pihaknya melakukan seleksi ketat.

“Kami menyeleksi dari sekitar 100 siswa yang akhirnya tersisa 8 siswa bisa mengikuti lomba, tapi hanya satu siswa yang lolos Juara di tingkat Nasional,” ungkapnya, saat ditenui Mata Madura, Senin (12/10/2020).

Menurut Hari Nurdi, SMA Negeri 1 Sumenep sengaja menciptakan branding prestasi sekolah pada bidang riset dan penelitian agar berbeda dengan sekolah lainnya di Sumenep.

Bahkan, saat ini siswa SMA Negeri 1 Sumenep sedang mengikuti Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud RI.

“Finalisnya akan diumumkan hari ini yang nantinya berlanjut pada Lomba Karya Ilmiah LIPI,” ujar Hari Nurdi.

Sementara itu, Nasywa pun bercerita apa yang motivasi dirinya menekuni bidang menulis esai dan penelitian hingga mengikuti perlombaan yang mengantarnya jadi juara.

“Ini sebagai modal saya kelak jika sudah masuk perguruan tinggi dalam penulisan skripsi tidak merasa kesulitan lagi, karena sudah terbiasa menulis,” ungkapnya.

Dalan upaya mencapai juara Nasional ajang SIRIUS 2020 bertema “Nasionalisme Peneliti Muda Bangsa” ini, tentu saja perjuangan Nasywa tidaklah mudah.

Ia mengaku banyak membaca data dan literasi seputar topik yang akan dituangkan dalam esainya. Kemudian risetnya juga dilakukan secara rutin.

“Saya juga membagi waktu dengan baik (dalam penelitian dan penulisan esai) dan berdoa,” tutur siswi berwajah manis itu.

Adapun yang menjadi kriteria penilaian dalam presentasi esai yang dilombakan adalah gestur, isi presentasi, cara penyampaian, artikulasi, mimik wajah, adab menyampaikan pendapat dan memberikan jawaban serta adab dalam presentasi itu sendiri.

“Ini merupakan kehormatan bagi saya karena ini merupakan prestasi awal dalam hidup saya di tingkat Nasional,” tandas Nasywa.

Keberhasilan siswi SMA Negeri 1 Sumenep ini dalam meraih juara Nasional tentulah sangat menggembirakan pihak sekolah.

Kepala SMA Negeri 1 Sumenep, Sukarman merasa bangga atas prestasi tingkat Nasional yang diraih oleh anak didiknya.

Namun, ia berpesan agar jangan cepat berpuas diri dan terus berkarya serta berjuang untuk meraih prestasi lainnya di tingkat Nasional maupun Internasional.

“Kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Nasywa anak didik kami, kemudian kepada wali siswa dan semua pihak yang telah memberi support terhadap kesuksesan ini,” ujar Sukarman.

Yudik, Mata Madura

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Tinggalkan Balasan

Mata
Mata
Lowongan

Ra Fuad Amin

Disway

Tasawuf

Inspirator

Catatan

Opini & Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d blogger menyukai ini: