P2S2 Zainur Ridla Santuni Anak Yatim pada 10 Muharram 1443 Hijriah

Mata Madura - 19/08/2021
P2S2 Zainur Ridla Santuni Anak Yatim pada 10 Muharram 1443 Hijriah
P2S2 Zainur Ridla Santuni Anak Yatim pada 10 Muharram 1443 Hijriah, Rabu (18/8/2021) malam. (Foto for Mata Madura) - ()
Penulis
|
Editor
Link Banner

matamaduranews.comSUMENEP-Pondok Pesantren Zainur Ridla Kecamatan Nonggunong, Sumenep, Madura, Jawa Timur menyerahkan santunan kepada sejumlah anak yatim yang tersebar di 18 Desa se Pulau Sapudi, Rabu (18/8/2021) malam.

Santunan tersebut dilakukan pada penutupan kegiatan Perkemahan Muharram 1443 Hijriah yang berlangsung di Bumi Perkemahan Lapangan  Rindu Dusun Parapat, Desa Sonok, Kecamatan Nonggunong, Sapudi.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh KH Abd Karim selaku Pengasuh P2S2 Zainur Ridla beserta Para Umana’ Pesantren.

Kiai Karim yang juga Rais Syuriah MWC NU Nonggunong itu menyerahkan bantuan sambil membelai anak yatim dengan penuh kasih sayang sebagaimana anjuran Nabi.

Malam puncak Perkemahan Muharaam 1443 Hijriah P2S2 Zainur Ridla didahului dengan doa bersama untuk keselamatan Bangsa dan Negara dalam rangka 10 Muharram yang dipimpin oleh KH Abd Karim.

Kemudian dilanjutkan Tahlil Bersama untuk Haul Ny. Hj. Siti Zainab Ummi dari KHR. Moch. Cholil As’ad Syamsul Arifin yang dipimpin langsung oleh Habib Alwi Al-Khered.

Usai doa dan tahlil bersama, Kepala MTs. Zainur Ridha, Ust. Ach. Hadari Karim menyampaikan beberapa keutamaan pada 10 Muharram ketika sambutan.

Beberapa anjuran pada 10 Muharram atau hari ‘Asyura, yaitu shalat sunnah 4 raka’at dengan 2 salam, di mana setiap selesai Fatihah membaca suarah Al-Ikhlas 51 kali, puasa, silaturahmi, dan bershadaqah.

“Yang kelima mandi, kemudian bercelak, berziarah kepada orang ‘alim, menjenguk orang sakit, mengusap kepala anak yatim, pesta keluarga, memotong kuku, membaca Surah Al-Ikhlas 1.000 kali danembaca hasbunallah wani’nal wakil ni’mal maula wani’man nashir sebanyak 70 kali,” tuturnya.

Lebih lanjut, Hadari menyampaikan, semua rangkaian kegiatan tersebut tetap mengikuti protokol kesehatan, yaitu 5M + 1D, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

Sementara koordinator santunan, Ahmad Faruq menyampaikan, kegiatan tersebut sudah menjadi program tahunan P2S2 Zainur Ridla Sapudi. Mewakili panitia, pihaknya bersyukur walaupun jumlah santunan anak yatim tahun ini menurun dari tahun sebelumnya karena situasi Covid-19.

“Alhamdulillah tahun ini kami bisa menyantuni sebanyak 70 anak yatim se Pulau Sapudi. Sekali lagi kami sampaikan banyak terima kasih kepada para donatur yang telah berbagi bersama Zainur Ridla, semoga dicatat amal jariyah oleh Allah SWT, jazakumullah ahsanal jaza’. Semoga tahun depan juga terlaksana dan para donatur dilapangkan rezekinya oleh Allah SWT, aamiin ya Rmrabbal ‘alamin. Terima kasih atas kerja samanya,” harapnya.

Hingga berakhir, acara tersebut berjalan dengan lancar. Penampilan seni oleh Sanggar Teater Gunung Kali Topo Yayasan Zainur Ridla dengan judul ‘Anak Yatim Piatu’ jadi penutup acara yang cukup menghibur.

Rafiqi, Mata Madura

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
--> -->