Live Update
covid-19 indonesia

Positif
Sembuh
Meninggal
Pagelaran Topeng Dalang Keris Pulanggeni di TMII Tuai Respon Positif - MATA MADURA

Menu

Pagelaran Topeng Dalang Keris Pulanggeni di TMII Tuai Respon Positif

Pagelaran Topeng Dalang Keris Pulanggeni di TMII Tuai Respon Positif
Penampilan Topeng Dalang Cerita "Keris Pulanggeni" di Anjungan Jawa Timur TMII Jakarta, Ahad (8/03/2020). (Foto Gunawan for Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.comSUMENEP-Satu lompatan Bambang Irianto semenjak mejabat Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, menuai respon positif.

Lompatan itu berupa pergelaran Topeng Dalang bertema Keris Pulanggeni yang digelar pada Ahad (8/03/2020) lalu.

Penampilan yang bertempat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Anjungan Jawa Timur-DKI Jakarta tersebut merupakan strategi yang ditawarkan oleh Disparbudpora Sumenep untuk memasarkan wisata.

Kepala Disparbudpora Sumenep, Bambang Irianto menjelaskan jika yang hadir kala itu tidak melulu perkumpulan paguyuban kesenian dari Madura, melainkan banyak juga masyarakat Jakarta.

“Bahkan ada yang dari mancanegara, sehingga sajian atau penampilan Topeng Dalang respon positif dari berbagai kalangan,” tutur mantan Kadis Pendidikan ini.

Pagelaram yang berkomposisi dari tari keris dan topeng itu diminta untuk lebih sering ditampilkan di berbagai ajang, terutama pada acara khusus yang disaksikan para petinggi di daerah ataupun internasional.

“Apalagi judul Keris Pulanggeni mempunyai makna sebagai tuntunan hidup, agar pemiliknya senantiasa berbuat kebaikan pada sesama, sehingga memiliki nama baik yang akan selalu dikenang,” terang Bambang.

Selain itu, berkat pagelaran Topeng Dalang keberadaan kabupaten paling timur Pulau Madura ini menjadi lebih dikenal. Sebab pada penampilan di TMII Anjungan Jatim tersebut dibumbui dengan panorama wisata yang ada di Sumenep.

Pulau Giliyang dengan kandungan oksigen terbaik di dunia, jadi salah satu yang disajikan oleh Disparbudpora Sumenep.

“Alhamdulillah saya direspon sangat luar biasa oleh teman-teman Madura yang ada di Jakarta. Disarankan ada paket khusus, artinya yang nonton itu dari kedutaan-kedutaan,” ujar Bambang.

Respon tersebut jelas poin besar bagi Disparbudpora Sumenep. Pasalnya, Bambang memang menargetkan pagelaran Topeng Dalang itu sebagai sarana promosi pariwisata Kota Keris.

“Target kita ke sana sebagai sarana promosi go internasional,” pungkas pria penyuka fotografer tersebut.

Rusydiyono, Mata Madura

Bagikan di sini!
KOMENTAR

1 Komentar

  1. Widayanti Kamis, 12 Maret 2020

Tinggalkan Balasan

TOTAL POSITIF
ORANG
Positif
TOTAL SEMBUH
ORANG
Sembuh
TOTAL MENINGGAL
ORANG
Meninggal
INDONESIA

POSITIF , SEMBUH , MENINGGAL

Indonesia
Sumber data : Kementerian Kesehatan & JHU. Update terakhir :
Lowongan

Ra Fuad Amin

Tasawuf

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d blogger menyukai ini: