Peduli Musibah Covid-19, PR NU Longos Gelar Khatmil Qur’an Online

×

Peduli Musibah Covid-19, PR NU Longos Gelar Khatmil Qur’an Online

Sebarkan artikel ini
Khatmil Qur'an Online
Pamflet Khatmil Qur'an Online oleh Pengurus Ranting NU Desa Longos, Kecamatan Gapura, Sumenep. (Foto for Mata Madura)

matamaduranews.comSUMENEP-Corona Virus Disease alias Covid-19 menjadi pandemi berbahaya yang menyita perhatian semua orang di dunia, tak terkecuali Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PR NU) Longos, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura.

Guna pencegahan penularan virus tersebut, PR NU Longos menilai tidak hanya bisa dilakukan melalui pola hidup sehat, sterilisasi, dan lainnya. Dalam rangka peduli musibah Covid-19 ini, langkah spiritual juga harus ditempuh, karena bagaimanapun ada kuasa di atas segala usaha manusia.

“Setelah usaha dzahir kita laksanakan, maka tak kalah pentingnya kita munajat kepada Allah,” kata Ketua Tanfidziyah PR NU Longos, Ridwan Khalqi, Kamis (2/04/2020) malam.

Kerena itulah, pihaknya berinisiatif menggelar Khatmil Qur’an Online. Yaitu dengan cara Khatmil Qur’an di rumah masing-masing mulai pukul 19.30 WIB Kamis (2/04) malam tadi sampai pukul 15.30 WIB Jumat (3/04) sore ini.

“Dengan cara ini, kita berharap semoga Covid-19 segera diangkat oleh Allah dari muka bumi,” ujar Ridwan.

Menurut dia, Khatmil Qur’an Online ini sebenarnya merupakan pengganti kompolan rutin bulanan PR NU Longos yang dilaksanakan pada hari Jumat. Namun karena wabah Covid-19, agenda rutin tersebut dikonversi menjadi Khatmil Qur’an Online.

“Teknisnya kita bagi per juz kepada jamaah kompolan NU Longos, Ansor, Pemdes, dan para pemuda yang tergabung di IKAPEMDES Longos. Hajatnya dikhususkan semoga Bangsa Indonesia segera bebas dari Covid-19,” imbuh Ridwan.

Lebih lanjut, Ketua Tanfidziyah PR NU Longos itu menjelaskan, kegiatan Khatmil Qur’an Online ini akan diakhiri dengan pembacaan doa khatmil qur’an, pembacaan shalawat, dan doa-doa lainnya oleh Rais Syuriyah PR NU Longos.

“Khatmil Qur’an ini nanti diparipurnai dengan Do’a Khatmil Qur’an, Sholawat Syifa’, Do’a Ijazah KH. Aqil Siradj, dan Do’a Ijazah Mbah Hasyim Asy’ari oleh Rais Syuriyah PR NU Longos, KH. Basyir,” pungkas Ridwan.

Rafiqi, Mata Madura

KPU Bangkalan