Pentingnya Pendidikan Pancasila Bagi Generasi Milenial 

Oleh: Zainal Abidin*

Mahasiswa Malang
Zainal Abidin

matamaduranews.com-Pendidikan Pancasila adalah pengembangan kepribadian yang menjelaskan tentang landasan dan tujuan, sejarah paham kebangsaan indonesia. Selain itu, Pancasila sebagai sistem filsafat dan pancasila sebagai ideologi nasional bangsa dan negara Indonesia.

Dalam konteks kenegaraan RI, Pancasila sebagai etika politik menjadi paradigma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sehingga adanya Pendidikan Pancasila bisa membentuk warga negara yang baik dan paham akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Serta memiliki rasa cinta dan nasionalisme terhadap negara Indonesia.

Era milenial saat ini, generasi muda kita sangat terpengaruh oleh budaya asing, Dan meraka lebih bangga berperilaku seperti orang di negara asing yang sama sekali tidak mencerminkan nilai-nilai pancasila.

Karena pada zaman ini kita sudah dijajah oleh negara asing melalui generasi milenial yang ada di Indonesia, baik secara pehaman maupun pengetahuannya.

Budaya luar yang masuk ke negara kita sangat kuat sehingga banyak dari generasi milenial yang terpengaruh olehnya.

Sebagai generasi milenial harus mampu membentengi diri kita agar supaya kita tidak Terpengaruh oleh negara luar.

Maka dari itu Pendidikan Pancasila hadir dan berfungsi sebagai benteng bagi kita agar suapaya kita dapat membentengi diri kita dari pengaruh negara luar.

Sebagai generasi yang lahir antara tahun 1980 sampai 2000, generasi milenial memiliki hubungan yang dekat dengan teknologi. Mereka tumbuh besar di saat perkembangan IPTEK berkembang pesat. Oleh karena itu, generasi milenial merupakan generasi dengan tingkat penggunaan internet sangat tinggi.

Ketergantungan terhadap internet membuat generasi ini lebih memilih menggunakannya sebagai sumber informasi dan komunikasi. Mereka sangat mudah untuk digunakan dan juga memberikan kecepatan dalam mengakses informasi.

Saat ini perkembangan era globalisasi yang sangat pesat menjadi momok yang menakutkan dalam hal perubahan karakter dan sikap pada generasi milenial.

BACA JUGA :  Jangan Pernah Padamkan Api Sumpah Pemuda

Seiring dengan perkembangan Era Globalisasi yang sangat pesat dan canggih menjadikan kita dengan mudah mendapatkan informasi dan relasi dari negara negara asing, hal tersebut memang terlihat positif.

Pendidikan Pancasila bisa berfungsi sebagai pondasi dan benteng yang kuat bagi generasi milenial.

Ada beberapa tujuan, kenapa pendidikan pancasila itu penting bagi generasi milenial:

  1. Memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi terhadap sesama warganegara dan tidak pilih kasih serta tidak membeda-bedakan antara satu dengan yang lain
  2. Meciptakan persatuan yang kuat dan tidak bersifat anarkis serta mengokohkan bhineka tunggal ika.
  3. Memiliki etika yang baik kepada orang yang lebih tua dan menghargai yang lebih muda
  4. Menanamkan rasa cinta terhadap tanah air Indonesia dengan cara cinta terhadap budaya- budaya yang Indonesia.
  5. Dapat melestarikan budaya di indonesia dan juga berperan sebagai generasi milenial penerus bangsa.

 

Jadi kesimpulannya bahwa Pendidikan Pancasila digunakan sebagai dasar Negara Indonesia agar dijadikan ideologi yang memang wajib ditanamkan dalam masyarakat. Khususnya sebagai benteng bagi generasi milenial.

Nilai-nilai yang terdapat pada pendidikan Pancasila sangat penting bagi bangsa Indonesia, karena nilai-nilai Pancasila yang akan menjadikan masyarakat Indonesia untuk bertindak sesuai dengan karakter bangsa.

Namun di era globalisasi ini nilai-nilai Pancasila sudah terabaikan, sehingga memunculkan permasalahan, untuk itu diperlukan upaya revitalisasi nilai-nilai luhur Pancasila.

Kita sebagai warga negara yang memiliki ideologi Pancasila untuk menjalankan kegiatan sosial dan berbangsa.

Maka dari itu nilai Pancasila jangan sampai hilang, karena dengan nilai-nilai Pancasila ideologi Pancasila kita sebagai bangsa Indonesia juga tidak akan hilang.

* Mahasiswa Manajemen, Universitas Kanjuruhan Malang.

Komentar