Produksi Sandal UD Sumber Rejeki, Kurangi Pengangguran

WIRAUSAHA: Zulfatul Hasanah (kerudung hitam), saat menjaga stand pameran bersama Sekretaris TP PKK Desa Pragaan Daya, Hairiya, Selasa (26/04).
WIRAUSAHA: Zulfatul Hasanah (kerudung hitam), saat menjaga stand pameran bersama Sekretaris TP PKK Desa Pragaan Daya, Hairiya, Selasa (26/04).

MataMaduraNews.com – SUMENEP – Produk unggulan binaan Ketua TP PKK Desa Pragaan Daya, Ibu Maghfurah ini terpamer diantara puluhan stand kegiatan BBGRM XIII dan HKG PKK ke-44, di Desa Kebundadap Timur, Kecamatan Saronggi, Sumenep, pada Selasa (26/04). Menjadi produk sandal lokal satu-satunya hari itu, usaha bernama UD Sumber Rejeki ini mendapat apresiasi dari Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim dan Achmad Fauzi.

Saat ditemui Mata Madura, Haruji bersama istrinya Zulfatul Hasanah, mengatakan produksi sandal tersebut berdiri pada tahun 2013. Dan sejak awal dirintis, ia mengaku hanya berharap bagaimana usahanya itu bisa mengurangi pengangguran pemuda di Desa Pragaan Daya. Apalagi sebagai Sekretaris Desa, ia juga menaruh harap agar desanya bisa berkembang dan makmur dengan usaha yang disebutnya kecil-kecilan tersebut.

Sebagi produksi sandal satu-satunya, bisa mempekerjakan 6 0rang pengrajin dan 2 sales  sejak 2014 dengan alat seadanya, usaha Haruji terbilang berkembang pesat. Hal itu diakuinya dengan jumlah produksi sandal 50-130 pasang tiap hari, meski masih tergantung pada pesatnya pemesan. “Alhamdulillah, pendapatan tiap bulannya bisa mencapai 3 juta,” katanya, sembari bersyukur.

BACA JUGA :  Bantu Rp 15 Juta Perorang, Bupati Busyro: Jika Dipotong Laporkan!

Namun begitu, kini Haruji masih sangat berharap kepada instansi terkait di Pemkab Sumenep agar mendapat bantuan modal dan alat yang lebih canggih sekaligus dengan cara pemasaran yang bagus. Itu semua, kata dia, agar usahanya lebih maju dan bisa mempekerjakan lebih banyak karyawan untuk bisa membantu pemuda yang masih belum punya lahan pekerjaan di desanya.

Ditemui terpisah, Kades Pragaan Daya Imrah juga memberikan dukungan positif atas keberadaan UD Sumber Rejeki. Ia berdalih, dengan adanya usaha tersebut akan bisa mengembangkan desanya menjadi lebih maju. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Haruji. Walaupun menjadi Sekdes, Ia masih sempat mengembangkan usaha untuk mengurangi angka penganguran di Desa Pragaan Daya,” katanya, kepada Mata Madura. (masrul/rfq)

Komentar