Menu

R KH Fuad Amin; Cicit Syechona Kholil Bangkalan

R KH Fuad Amin; Cicit Syechona Kholil Bangkalan
Link Banner

matamaduranews.comBANGKALAN-RKH Fuad Amin Imron lahir dari keluarga ulama besar Madura. Beliau merupakan salah satu cicit atau keturunan keempat dari Syechona KH Mohammad Kholil, Bangkalan.

Buyut Kiai Fuad merupakan guru besar ulama-ulama di Nusantara. Salah satu santri Syechona Kholil yang paling terkenal ialah pendiri NU, Hadratusy syaikh, KH Hasyim Asy’ari.

Nasab Kiai Fuad ke Kiai Kholil melalui jalur pancaran laki-laki (teda’ atau pancer).

Jika diurut, Kiai Fuad bin Kiai Amin bin Kiai Imron bin Kiai Kholil. Kiai Imron merupakan satu-satunya anak laki-laki Kiai Kholil yang memiliki keturunan.

Berdasar data yang ada, beberapa orang wanita yang tercatat sebagai istri Syech Kholil. Beberapa diantara mereka yang beliau nikahi setelah beberapa istri sebelumnya meninggal dunia.

Hal itu sangatlah wajar, karena Syech Kholil berumur panjang. Bahkan ada yang mengatakan bahwa beliau berumur lebih dari seratus tahun.

Tak tercatat, beberapa kali isteri Syech Kholil meninggal lebih awal. Dan beberapa kali Syech Kholil menikah lagi. Itulah sebab, kenapa Syech Kholil memiliki istri yang banyak.

Berikut nama isteri-isteri Kiai Kholil yang berhasil dirangkum: Nyai Raden Ayu Assek binti Ludrapati, Nyai Ummu Rahma, Nyai Raden Ayu Arbi’ah, Nyai Kuttab, Nyai Raden Ayu Nur Jati, Nyai Mesi, dan Nyai Sailah.

Dari beberapa isteri itu hanya empat orang yang menurunkan keturunan Syech Kholil. Mereka adalah: Nyai Assek, Nyai Ummu Rahmah, Nyai Arbi’ah dan Nyai Mesi.

Dari Nyai Assek lahir Nyai Khotimah dan KHM Hasan. Dengan Nyai Ummu Rahma lahir Nyai Rahma. Dengan Nyai Arbi’ah lahir KH Imron dan KH Baidawi. Dan dari Nyai Mesi lahir Nyai Asma’.

Dari keenam putra-putri itu, hanya empat yang menurunkan keturunan sampai sekarang, yaitu selain KHM Hasan dan KH Baidawi. Sehingga satu-satunya keturunan Kiai Kholil dari jalur laki-laki hanya melalui KH Imron.

Kiai Imron sendiri memiliki beberapa putra putri. Salah satu anak laki-lakinya bernama Kiai Amin, yaitu ayah Kiai Fuad. Salah satu putri Kiai Imron yang bernama Nyai Romlah merupakan ibunda Kiai Abdullah Schal dan Kiai Khalilur Rahman (Ra Lilur).

RB Farhan Muzammil, Mata Madura

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Lowongan

Ra Fuad Amin

Hukum dan Kriminal

Budaya

Kerapan Sapi

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional