Menu

RKH Abd. Hamid Wafat, Ini Pesan pada Santri

RKH Abd. Hamid Wafat, Ini Pesan pada Santri
R.K.H. Abd. Hamid bin K.H. Ahmad Mahfud Zayyadi. (Foto IST/Ikaba.net)

matamaduranews.comPAMEKASAN-Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Pamekasan, RKH Abd. Hamid bin KH Ahmad Mahfud Zayyadi tutup usia.

Ulama karismatik asal Desa Panaan, Kecamatan Palengaan, Pamekasan tersebut wafat pada Jumat (15/01/2021), tepatnya pada pukul 15.05 WIB.

RKH Abd. Hamid sudah lama sakit. Beliau meninggal karena faktor usia yang sudah sepuh, yakni wafat pada usia ke-72.

“Semoga amal almarhum diterima oleh Allah SWT dan masuk surga-Nya. Amiiin,” ungkap RKH Ahmad Mahfudz Abd. Qodir, salah satu keluarga almarhum, Jumat (15/01/2021).

Baca Juga: Innalillahi, Ponpes Bata Bata Berduka. RKH Abd. Hamid Wafat

RKH Abd. Hamid AMZ merupakan pengasuh keempat Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Pamekasan.

Saat fisiknya masih kuat, RKH Abd. Hamid mengingatkan para santrinya agar terus giat belajar, serta tidak melakukan hal-hal yang dapat menyakiti gurunya. Dan hal tersebut beliau ulang dalam banyak kesempatan.

“Dalam sebuah riwayat diceritakan bahwa, Kiai Abdul Hamid sejak belajar di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan sangatlah ta’dhim kepada guru-gurunya. Begitu juga ketika belajar di Mekkah,” tulis Anis Billah, dalam bata-bata.net, situs resmi Ponpes Mambaul Ulum Bata-Bata.

Selain sebagai pendidik, RKH Abd. Hamid juga sosok penulis. Di antara karya yang diterbitkan, yaitu kitab al-Faraid al-Bahiyah fi al-Hudud al-Manthiqiyah dan kitab al-Wasaid fi Nayl al-Fawaid.

Bait, Mata Madura

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Tinggalkan Balasan

MMN

Hukum & Kriminal

Catatan

Tasawuf

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d blogger menyukai ini: