Religi

Romo Kiai Mohamad Nur Warji; Wayang Hakikat Tarekat Syatariyah

×

Romo Kiai Mohamad Nur Warji; Wayang Hakikat Tarekat Syatariyah

Sebarkan artikel ini
Tarekat Syatariyah
Dahlan hadir di pagelaran perdana wayang hakikat Tarekat Syathariyah Grobogan, Jateng.(murianews)

Tentu perdebatan antara Walisongo dan Siti Jenar akan sangat dalam bila penguasaan dalang akan ilmu di dua aliran itu sangat baik. Saya kurang puas di kualitas perdebatan antara sare’at dan tarekat dalam lakon ini. Tapi itu sepenuhnya di tangan dalang.

Saya berharap Ki Hardono lebih menarik lagi memainkan wayang hakikat ini. Terutama di kemampuan dialognya. Rasanya publik akan lebih tertarik.

Saya juga suka wayang versi baru lainnya: wayang santri. Yang diciptakan Ki Enthus Susmono. Ini lebih ke wayang golek Sunda. Yang setting-nya dibuat seperti ludruk Surabaya.

Tentu setelah Ki Enthus meninggal dunia nasib wayang santri akan ikut bersamanya. Sampai kelak lahir dalang sekelas Enthus yang sama hebatnya: bisa memainkan wayang kulit dan bisa memainkan wayang golek. Belum ada dalang seperti Enthus.

Nasib wayang versi satunya, wayang suket, juga hanya seumur penciptanya: Ki Slamet Gundono. Ia begitu kreatif. Begitu seni. Tapi juga begitu gendut dan akhirnya meninggal muda.

Ide wayang model Slamet Gundono ini yang sangat memungkinkan lahir kembali. Terutama dari tangan dalang-dalang muda yang punya pendidikan seni di fakultas seni.

Sedang masa depan wayang hakikat akan lebih ditentukan oleh kemampuan dalang dalam menjelaskan masalah spiritualitas dengan cara yang merakyat.

Begitu banyak jenis wayang dilahirkan. Sejauh ini masih tetap wayang purwo yang langgeng.

Di sini satu dalang mati masih bisa tumbuh banyak pengganti. (*)

KPU Bangkalan