KesehatanPendidikan

Tanggap Corona, SMPN 1 Bluto Gelar Penyuluhan COVID-19

×

Tanggap Corona, SMPN 1 Bluto Gelar Penyuluhan COVID-19

Sebarkan artikel ini
Tanggap Corona, SMPN 1 Bluto Gelar Penyuluhan COVID-19
Penyuluhan Corona di sela upacara bendera SMP Negeri 1 Bluto. (Foto/Yudi)

matamaduranews.com-SUMENEP-Corona Virus Disease (COVID-19) makin merambah ke berbagai belahan dunia dan menghantui kehidupan manusia di muka bumi ini, tak ketinggalan Indonesia. Perlahan tapi pasti virus ini menyerang tubuh yang minim imunitasnya (kekebalan tubuhnya).

Dari info berbagai media, virus ini terdeteksi di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Jawa Tengah maupun wilayah lainnya. Hal ini lantas membuat Jawa Timur pun ikut waspada.

Tercatat pertanggal 16 – 29 Maret 2020, Gubernur Jawa Timur menurunkan instruksi mengikuti Pemerintah Pusat untuk meliburkan siswa sekolah demi mengantisipasi situasi.

Bentuk antisipasi lainnya berupa penyuluhan atau sosialisasi tentang wabah tersebut. Seperti yang dilakukan SMP Negeri 1 Bluto pagi tadi, Senin (16/03/2020), saat upacara bendera. Kala itu diselipkan penyuluhan mengenai COVID-19 bekerjasama dengan pihak Puskesmas Bluto.

Di pagi yang cerah itu, dengan tema “Tanggap Wabah Corona Virus Disease (COVID-19), dr. Mentari Oktarina dari tim dokter Puskesmas Edukasi Covid-19, memberikan pemahaman Virus Corona di tengah 335 siswa dan 44 guru serta TU.

Dokter Mentari memaparkan bagaimana siklus penularannya kepada manusia, bagaimana cara tindak lanjutnya ketika seseorang positif terinfeksi virus Corona, dan bagaimana cara mengatisipasinya sebelum terjangkit.

“Ini semua kita jelaskan dengan sejelas-jelasnya, mengingat penularan  virus ini sangat cepat,” kata Mentari.

Mentari juga meminta agar mulai saat ini harus benar benar waspada dan menjaga kebersihan tubuh terutama tangan. “Setelah melakukan aktifitas apapun cuci dengan air yang mengalir memakai sabun, lalu di lap pakai tissu bersih atau yang lain asal bersih. Karena virus ini tidak terbang di udara tapi sifatnya menempel pada benda,” pesannya.

Tanggap Corona, SMPN 1 Bluto Gelar Penyuluhan COVID-19
Kepala SMP Negeri 1 Bluto, Sri Hairi Suryaningsih, S. Pd dengan Tropi penghargaannya. (Foto/Yudi)

Usai acara penyuluhan, Kepala SMP Negeri 1 Bluto, Sri Hairi Suryaningsih, S. Pd di ruang kerjanya mengatakan, bahwa maksud dan tujuan penyuluhan itu adalah agar siswa dan pihak lembaga memiliki pengetahuan akan virus Corona.

Sri Hairi juga berharap agar apa yang diterima siswa dan guru it bisa disosialisasikan kepada keluarga di rumah juga masyarakat banyak.

“Kami juga sampaikan terima kasih kepada Puskesmas Bluto atas kerjasamanya. Terutama telah memberikan nominasi terbaik juara 1 berupa Tropi Lomba Vlog Kader Kesehatan Remaja, dalam Rangka HKN (Hari Kesehatan Nasional; red) ke-55. Khususnya juga Sie Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Puskesmas Bluto, Yayak setelah dikonfirmasi via WA membenarkan bahwa Lomba Vlog Kader Kesehatan Remaja ini dibuat sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat. “Yakni dalam rangka koordinasi untuk melibatkan masyarakat memberi edukasi kepada masyarakat yang lain dalam artian jadi implementasi dari alih tekhnologi 4.0,” katanya.

Yudi, Mata Sumenep

KPU Bangkalan