Pariwisata

Terbaru! Ada Objek Wisata Pantai Keris Alami di Gersik Putih, Ini Kelebihannya

×

Terbaru! Ada Objek Wisata Pantai Keris Alami di Gersik Putih, Ini Kelebihannya

Sebarkan artikel ini
Pantai Keris
ALAMI: Pantai Keris tampak indah. Pantai ini terletak di Desa Gersik Putih, Kecamatan Gapura, Sumenep. (Foto for Mata Madura)

matamaduranews.comSUMENEP-Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur memang sudah dikenal menyimpan banyak destinasi wisata. Terbaru, ada Pantai Keris di Kecamatan Gapura.

Meski tak banyak yang tahu, di sebuah desa di ujung selatan Kecamatan Gapura ternyata memiliki aset pariwasata alam yang sangat indah. Pantai Keris, itulah nama yang disematkan pada pantai yang berada di sebelah timur Desa Gersik Putih.

Dengan lanskap pantai yang unik dan pemandangan sekelilingnya nan indah, semua orang dijamin takjub apabila berkunjung ke Pantai Keris.

Herman Wahyudi, salah seorang pemuda desa setempat menceritakan perihal penamaan Pantai Keris ini kepada Mata Madura, Selasa (9/06/2020).

Menurut dia, nama tersebut disematkan karena lanskap pantai yang berbentuk mirip keris menjulur ke tengah laut mengarah ke ujung selatan, tarik lurus dengan pelabuhan Kalianget-Talango.

Sehingga, tampak dengan jelas pemandangan aktivitas pelabhuan yang dihiasi oleh kapal kargo, kapal pesiar dan tentunya perahu-perahu kecil yang tampak hilir mudik menghiasi sekeliling pantai.

Pemandangan di sisi timur tidak kalah menariknya. Hamparan Pulau Poteran yang sangat hijau tampak dengan jelas dari pantai ini. Terasa dekat, bahkan seolah pengunjung akan sampai ke sana hanya dengan satu langkah kaki saja.

Di Sisi barat juga sangat indah. Pemandangan kampung sederhana, Tapakerbau terlihat ciamik. Pengunjung bahkan bisa menjelajahinya dengan berjalan kaki, karena laut di sisi barat ke arah Kampung Tapakerbau sangat dangkal.

Kata Yudik, panggilan akrab Herman Wahyudi, biota laut seperti rajungan, kerang, belicar, siput, bintang laut, mimi dan ikan-ikan kecil akan jelas terlihat di dasar laut.

“Wisatawan akan merasakan sensasi yang tidak biasa dan berbeda dibanding pantai-pantai lain yang ada di Madura. Hanya di pantai ini kita bersantai di pantai, tapi berasa seperti di tengah lautan,” terangnya.

Pantai ini juga memiliki spot berenang yang menarik. Wisatawan dapat memiliki spot yang pas sesuai usia dan kemampuan berenangnya.

Orang dewasa bisa memilih berenang di sisi timur. Dengan hembusan ombak yang sedang, sensasi berenang di sisi timur sangat cocok untuk anak-anak usia 10 tahun hingga dewasa.

Sedangkan untuk anak-anak usia di bawah 10 tahun, bisa berenang di sisi barat. Airnya yang tenang dan dangkal dijamin sangat safety dan recommended untuk anak-anak.

“Itulah salah satu kelebihan lainnya, kelebihan dari pantai ini. Punya dua spot berenang yang keren, sehingga orang tua yang membawa anaknya tidak perlu khawatir,” tutur Yudik.

Pantai yang terletak di sisi utara Pelabuhan Kalianget itu juga terbilang mudah diakses. Bisa diakses melalui Kecamatan Gapura menuju ke arah selatan dari Polsek Gapura.

Akses kedua bisa dilakukan melalui Perahu Tongkang dari arah Kalianget ke Kalettek, pelabuhan Desa Gersik Putih. Akses jalan menuju pantai pun masih sangat asri, namun tetap bisa dilalui oleh mobil.

Meski tidak banyak yang tahu, pantai yang juga memiliki sebutan Madura “Beddhi Alang” itu sudah mulai dilirik dan dikunjungi oleh wisatawan lokal. Saat ini Yudik menyebut memang baru hitungan jari.

Namun jika aset ini dikelola dengan baik oleh Pemerintah Desa maupun kelompok pemuda setempat, tidak menutup kemungkinan dapat menjelma sebagai destinasi favorit baru di Kabupaten Sumenep, bahkan di Madura.

“Pantai ini punya segala syarat untuk berkembang,” pungkas Yudik, optimis.

Rusydiyono, Mata Madura

KPU Bangkalan