Menu

Gus Ipul Janji Ngantor di Madura Jika Menang Pilkada Jatim 2018

  Dibaca : 1059 kali
Gus Ipul Janji Ngantor di Madura Jika Menang Pilkada Jatim 2018
Gus Ipul-Mbak Puti, Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018. (Foto Istimewa/Kompas.com)
Link Banner

MataMaduraNews.comSURABAYA-Calon Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), tidak hanya berjanji akan menggelontorkan dana pembangunan Rp 1 triliun setiap tahunnya untuk pulau Madura. Gus Ipul juga berjanji akan berkantor rutin di Pulau Garam itu.

“Dalam beberapa hari dalam sebulan, kita rancang akan berkantor di Madura. Jika dirasa masih kurang, nanti kita bisa tambah frekuensinya,” kata Gus Ipul usai kampanye damai yang digelar KPU Jatim di Surabaya, Minggu (18/02/2018) kemarin.

Tujuan Gus Ipul berkantor di Madura, tidak lain untuk mengawal langsung pembangunan di Madura.

“Membangun Madura tidak cukup hanya digelontor dana, ada beberapa program yang memang harus dikawal langsung agar berjalan optimal, khususnya dalam pemberantasan kemiskinan,” jelasnya.

BACA JUGA: Hari Pertama Kampanye, Posko Pemenangan Berbaur Ambruk

Mengutip data Kajian Ekonomi Regional Jawa Timur dari Bank Indonesia periode 2013-2015, bahwa Pulau Madura disebut kawasan termiskin di Jawa Timur dengan rata-rata 21,86 persen. Jauh di atas rata-rata angka kemiskinan nasional 11,19 persen.

Salah satu penyebab kemiskinan di Madura, menurut Gus Ipul, adalah rendahnya angka partisipasi sekolah. Data terbaru yang diperolehnya, angka partisipasi sekolah tingkat menengah di 3 kabupaten di Madura lebih rendah dari rata-rata Jatim yang mencapai 70,4 persen.

“Angka partisipasi sekolah tingkat menengah 69,8 persen di Pamekasan, 58,7 persen di Bangkalan, dan 55,3 persen di Sampang,” ucap cagub Jatim nomor urut 2 yang berpasangan dengan Puti Guntur Soekarno itu.

Dana Rp 1 triliun setahun untuk Madura tidak hanya untuk pembangunan pendidikan saja, namun juga diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur dasar, pengembangan ekonomi keluarga, dan peningkatan layanan kesehatan.

Sumber: Kompas.com

KOMENTAR

1 Komentar

Link Banner
Link Banner
Link Banner Link Banner

Kategori Pilihan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional