Menu

60 Ton Emas Tersimpan di Pegadaian

60 Ton Emas Tersimpan di Pegadaian
ilustrasi
Link Banner

matamaduranews.com-Investasi masyarakat Indonesia terhadap emas sudah tak diragukan. Dari hasil hitungan bisnis Pegadaian, pada bulan November 2019, emas yang tersimpan di Pegadaian sudah mencapai 60 ton.

Kepala Departemen Operasi Divisi Produk Emas Pegadaian Heri Prasongko mengatakan, jumlah emas yang dititipkan masyarakat mencapai 60 ton. Emas yang dititipkan dari beragam jenis pintu. Ada yang digadaikan. Ada juga yang benar-benar produk investasi seperti menabung emas.

“Core bisnis kami, hampir 90 persen barang jaminan yang disimpan di kami adalah emas. Untuk saat ini bisa kami informasikan bahwa emas yang dipercayakan jumlahnya 60 ton. Ternyata masyarakat Indonesia sangat besar antusias pada emas. Nah ini yang dorong Pegadaian untuk kembangkan bisnis ini,” kata dia dalam diskusi The Power of Gold di Hotel Ashley, Jakarta, Jumat (29/11). Sebagaimana dikutip kumparan.

Salah satu produk investasi emas bikinan Pegadaian yaitu Tabungan Emas, portofolionya terus meningkat. Misalnya, nasabah Tabungan Emas hingga Oktober 2019 mencapai 3,65 juta orang. Jumlah ini naik 115 persen dibandingkan 2018 yang hanya 1,69 juta.

Sementara jumlah rekening yang sudah dibuka dalam Tabungan Emas mencapai 3,7 juta atau meningkat 115 persen dari rekening yang dibikin tahun lalu 1,74 juta. Lalu, jumlah top up pembelian emas mencapai 3,22 ton, naik 68 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 1,91 ton.

Selanjutnya, pembelian kembali (buy back) emas di Tabungan Emas mencapai 1,43 ton atau naik 51 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya 948 ribu emas batangan.

“Lalu, titipan emas khusus Tabungan Emas itu per Oktober 2019 mencapai 3,87 ton. Semangat menabung emas masyarakat Indonesia sangat bagus karena kenaikan 80 persen dibandingkan 2018 (yang hanya 2,`48 ton),” kata Heri.

Emas memang masih digemari hingga saat ini, bahkan di saat ekonomi global dihantui ketidakpastian. Emas menduduki nomor satu untuk instrumen investasi yang tahan terhadap inflasi dan nilai tukar rupiah. Ini terlihat dari harganya yang fluktuatif dengan tren terus meningkat.

Mengutip situs resmi PT Antam (Persero) Tbk, harga emas Antam hari ini mencapai Rp 744 ribu per gram. Sedangkan harga buyback-nya juga tetap Rp 659.500 per gram. (redaksi)

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Iklan
Lowongan

Ra Fuad Amin

Kerapan Sapi

Inspirator

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional