Kesehatan

Ahli Gizi RSUDMA Sumenep Yakinkan Puasa Membuat Tubuh Sehat, Asal….

×

Ahli Gizi RSUDMA Sumenep Yakinkan Puasa Membuat Tubuh Sehat, Asal….

Sebarkan artikel ini
Puasa Sehat
Ahli Gizi RSUDMA Sumenep, Ratri Purwani. (Foto for Mata Madura)

matamaduranews.comSUMENEP-Sebagian orang tampak ada yang masih ragu atau bahkan tidak percaya bahwa puasa dapat membuat tubuh kita sehat. Hal ini terbukti dengan adanya seruan agar tidak melaksanakan puasa, khsusunya selama pandemi Covid-19 karena dikhawatirkan dapat membuat tubuh menjadi drop.

Keraguan dan ketidakpercayaan akan sehatnya orang berpuasa umumnya disebabkan oleh banyak hal. Di antaranya karena yang orang yang berpuasa cenderung lemas, mudah lelah dan tidak bertenaga, sehingga banyak di antara mereka sering menghabiskan waktu di tempat tidur.

Ahli Gizi RSUD dr. H. Moh. Anwar (RSUDMA) Sumenep, Ratri Purwani menyakinkan kembali bahwa puasa dapat membuat tubuh sehat bukan sebatas jargon belaka. Asalkan, menjalankannya dengan baik dan benar sesuai syariat dan anjuran kesehatan. Sebab, selain ibadah wajib, puasa sejatinya adalah pembersihan tubuh dari racun.

“Puasa adalah waktu untuk detoks atau pembersihan seluruh angota tubuh dari racun, sehingga makanlah (ganti) dengan makanan sehat,” jelas Ratri dilansir dari laman resmi RSUDMA Sumenep.

Menurut Ratri, konsumsi sayur dan buah adalah pilihan yang sangat tepat. Kalau bisa yang organik dan variatif. Sebaiknya pula kurangi konsumsi gula sederhana (IG rendah) dengan konsumsi madu dan kurma.

“Masaklah makanan dengan cara menumis, mengukus atau mentah, dan makanlah secara bertahap agar pencernaan dapat beradaptasi. Dan yang terpenting, apalagi di masa pandemik ini, olah sendiri makanan yang dikonsumsi,” saran Ratri.

Lebih lanjut, ahli gizi RSUDMA Sumenep itu juga memberikan tips agar ibadah puasa dapat membuat orang yang menjalaninya sehat dan bugar.

“Pahami kesehatan tubuh dan niatkan hanya karena Allah, utamakan makanan padat gizi, makan makanan beraneka ragam, selalu segerakan berbuka puasa, minum air yang cukup, sahur diakhirkan jelang imsak, enyahkan rasa kantuk, hindari yang serba terlalu, atur kegiatan dan istirahat yang cukup,” tipsnya.

“Pilih olahraga yang ringan, upayakan pagi hari atau setelah subuh, sediakan waktu yang cukup awali dengan pemanasan, lakukan cooling down, atur stress dan tidur siang sejenak,” lanjut Ratri.

Berikut, ia juga membagikan pemilihan bahan makanan puasa:

1. Pilih karbohidrat komplek saat sahur, karena dicerna lebih lama sehingga tdk mudah lapar. Hindari karbohidrat sederhana saat sahur, seperti gula, selai, dll.

2. Konsumsi sayur dan buah saat buka dan sahur

3. Kurangi konsumsi lemak dan santan

4. Minumlah cukup air putih

5. Hindari kopi dan minuman bersoda, karena akan membuat perut kembung.

Rusydiyono, Mata Madura

KPU Bangkalan