CatatanHukum dan Kriminal

Alvin Lim

×

Alvin Lim

Sebarkan artikel ini
Alvin Lim
Alvin Lim

Johan
Pak Budi. Tafsir aksara berdasarkan goresan simbol pembentuknya tidak punah atau langka di Tiongkok dan Taiwan. Cuma itu bukan materi pelajaran umum di sekolah kecuali jurusan sastra dan sejarah. Mungkin anda tidak akan percaya, orang Tionghoa di Indonesia didikan sekolah Tionghoa zaman Sukarno bisa menafsirkan arti aksara yang jarang dipakai, berdasarkan goresan simbol didalamnya. Saya kebetulan banyak ketemu angkatan lama itu yang sekarang kebanyakan sudah “almarhum”. Terus soal simplifikasi aksara hanzi, kesimpulan Pak Budi tidak tepat. Hanzi sederhana itu bukan kreasi Mao dkk. Ide itu sudah digagas sejak Kuomintang masih berkuasa di Tiongkok. Mao dkk hanya melanjutkan program yang sempat tertunda itu karena perang saudara. Dan penting untuk diketahui, aksara sederhana itu tidak ujug2 muncul begitu saja atau hasil kreasi Mao dkk. Aksara sederhana itu memang aksara yang sudah eksis sebelumnya tapi tidak/jarang dipakai karena secara estetika “tidak indah”. Yang berkreasi adalah para sastrawan zaman dulu. Tim yang dibentuk Mao hanya mengumpulkan aksara yang tidak dipakai itu, yang berceceran di catatan2 lama, dan kemudian menyatukan untuk diterapkan sebagai standar penulisan baru yang lebih sederhana. Dalam rangka mengentaskan krisis buta aksara yang cukup gawat di masa itu.

Budi Utomo
Bung Mz Arifin. Persaingan Hasyim vs Abu Syams adalah awal mulanya. Padahal mereka berdua adalah sepasang anak kembar dari Abdu Manaf. Ali-Hasan-Husein adalah keturunan Hasyim sedang Abu Sofyan-Muawiyah-Yazid adalah keturunan Abu Syams. Boleh dibilang Syiah vs Sunni adalah perselisihan keluarga. Itu bila kita menelisik sejarahnya. Sama seperti perselisihan Yahudi vs Arab. Padahal menurut ceritanya sama-sama keturunan Abraham/Ibrahim tapi lain ibu yaitu Isaac/Iskak vs Ishmael/Ismail. Itu juga perselisihan internal keluarga. Kalau kita menelisik sejarah dua agama tersebut.

Anwarul Fajri
Umayyah adalah budak dari rum yg diangkat jd anak oleh abdu syam. Harb adalah budak dari farsi. Bisa jd mereka berdua adalah jew. Umawi lah yg jualan berhala di sekitar kakbah

KPU Bangkalan