CatatanHukum dan Kriminal

Alvin Lim

×

Alvin Lim

Sebarkan artikel ini
Alvin Lim
Alvin Lim

Rizky Dwinanto
Dulu namanya PT Tirta Marta, perusahaan kemasan plastik cukup ternama. Mengembangkan plastik dengan merk dagang Oxium, biodegradable plastic pertama di Indonesia. Lalu isunya bangkrut karena banyak dilakukan pengurangan pegawai padahal saya melihat produk Oxium sangat berkembang di pasaran. Sekarang perusahaannya menggunakan nama Green Hope. Ada yang kurang tepat dalam penyampaian. Plastik mudah terurai tidak berarti tidak berbahaya. Karena yang terurai adalah aditifnya yang berasal dari pati, sementara bagian plastik lainnya (Polyethylene) tetap berupa pecahan plastik berukuran mikro. Ilustrasinya.. Kuburkan plastik kresek Indomaret dan plastik PE bungkus gula kiloan bersisian. Setelah setahun terkubur, kresek Indomaret akan remuk sementara plastik gula tetap utuh. Tapi seremuk-remuknya kresek Indomaret tidak akan berubah menjadi tanah. Hanya menjadi serpihan plastik kecil-kecil. Jadi plastik yang disebut biodegradable ini hanyalah plastik yang untuk menjadi microplastik prosesnya sangat cepat. Tetap saja mikroplastik. Bagaimanapun, tetap harus diapresiasi, semoga berhasil upaya pengembangan berikutnya.

Aviv Setiawan
Sekarang baru tahu, kenapa banyak orang operasi plastik. Ternyata biar cinta tidak gampang terurai.

EVMF
Eyang DI, saya mau “protes keras” : 1. mengapa yang disoroti Eyang hanya industri-nya dan pengusaha-nya saja ?? 2. bagaimana mungkin pengusaha ujug-ujug buka pabrik tanpa didahului penemuan ataupun inovasi untuk proses produksi-nya ?? 3. lha koq tak ada satu kata-pun yang berkaitan dengan penemuan tersebut, padahal mereka 8 orang Indonesia ini sudah berupaya optimal dengan ke-ilmuannya untuk inovasi yang hebat, untuk kemajuan bangsa ini !! 4. mungkin Eyang sudah lupa bahwa Kevin Kumala (pemuda asal Bali) bersama teman-temannya, melakukan riset selama 3 tahun dari tahun 2010 terhadap jagung, kedelai dan singkong ; sebagai alternatif bahan baku plastik. Pilihan akhirnya jatuh terhadap singkong. 4. kalaupun mereka sudah menjual hasil penemuan mereka kepada pengusaha ; Penemu tetaplah akan disebut Penemu, bukankah begitu Eyang ?? 5. benar tidak sih Eyang : kata orang-orang “uang sangat berkuasa” yang juga bisa menyingkirkan hal-hal lain, seperti ilmu pengetahuan, riset dan juga sekalian dengan peneliti-nya ??

Kliwon
Tenang Kang.. Wakil kita kerjanya ngga cuma tidur kok. Mereka juga sibuk kerja beneran. Salah satunya kerja ngurusin proyek. Sesuai janji saat kampanye. “Ikhlas rakyatnya, sejahtera wakilnya..”

KPU Bangkalan