Berita UtamaPemerintahan

Asyik..Perantau Sumenep di Jakarta Dapat Tiket Mudik Gratis Dari Bupati Fauzi

×

Asyik..Perantau Sumenep di Jakarta Dapat Tiket Mudik Gratis Dari Bupati Fauzi

Sebarkan artikel ini
Bupati Sumenep
Bupati Fauzi

matamaduranews.com-Perantau Sumenep yang kini bertebaran di beberapa kota Indonesia menjadi perhatian Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Melalui Dinas Perumahan, Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Sumenep, Bupati Fauzi menyediakan
layanan mudik gratis menyambut Idul Fitri 1444 H.

Dalam rilis yang diterima redaksi, program mudik 2023 ini meliputi transportasi darat dan laut yang akan dilaksanakan H-10 atau sepuluh hari sebelum lebaran.

Mudik gratis ini merupakan program tahunan Pemkab Sumenep untuk meringankan warga Sumenep yang ada di perantauan saat pulang kampung jelang lebaran dan setelah lebaran Idul Fitri.

Untuk jalur darat, rute mudik gratis yang disediakan Pemerintah Kabupaten Sumenep adalah Jakarta – Sumenep. Surabaya – Sumenep.

“Rute Surabaya ke Sumenep sudah lama memang kita sediakan. Tahun ini, yang baru itu dari Jakarta ke Sumenep. Kami menyediakan rute ini karena warga Sumenep yang bekerja di Jakarta cukup banyak. Jadi mereka bisa mudik dengan bus gratis ke Sumenep,” kata Jakfar Kepala Dinas Perumahan dan Perhubungan Sumenep.

Kata Jakfar, rute Jakarta – Sumenep dipilih Bupati Fauzi tak lepas dari banyaknya masyarakat Sumenep yang bekerja atau merantau di Ibu Kota. Karenanya, Bupati Fauzi Ingin memfasilitasi mereka yang berada di Jakarta untuk bisa kembali ke kampung halaman secara cuma-cuma.

“Ada 10 armada bus untuk angkutan mudik gratis ke Sumenep, dengan rincian 5 armada untuk rute Surabaya – Sumenep, dan 5 bus untuk rute Jakarta – Sumenep,” sebut Jakfar.

Untuk bisa mendaftar, Pemkab Sumenep melalui Dinas Perumahan dan Perhubungan menyediakan situs secara online melalui link yang disediakan.

“Pemudik cukup daftar di online dengan melengkapi beberapa persyaratan,” ungkap Jakfar.

Untuk masyarakat kepulauan, seperti warga Pulau Raas, Masalembu, Sapeken, juga Kangean ada layanan mudik gratis seperti tahun sebelumnya.

Pendaftaran langsung tersedia di layanan mudik gratis saat pemberangkatan jalur laut di dermaga. (*)

KPU Bangkalan