Menu

Digelar Besok, Sumenep Run 10K 2019 Bakal Diikuti Empat Pelari Mancanegara

Digelar Besok, Sumenep Run 10K 2019 Bakal Diikuti Empat Pelari Mancanegara
Route Map Sumenep Run 10K 2019. (Foto IST/Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.comSUMENEPEvent Sumenep Run 10K 2019 yang bakal digelar Minggu (22/12) besok rupanya tak sekadar bakal diikuti oleh ribuan peserta di Jawa Timur.

Lari maraton yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalu Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga itu juga bakal diikuti oleh sejumlah pelari mancanegara.

Informasi keikutsertaan peserta dari luar negeri ini didapatkan Mata Madura dari Fadel. Seksi acara Sumenep Run 10K 2019 itu mengaku semula pihaknya kaget dengan adanya peserta dari luar Indonesia.

“Sebenarnya saya juga kaget, kenapa bisa ada pendaftar dari luar Indonesia. Namun, ini juga menjadi kebanggaan bahwa Sumenep bisa kedatangan peserta dari Kenya,” kata Fadel, Jumat (20/12/2019).

Ia mengungkapkan, peserta dari luar negeri tersebut sebelumnya memang telah menjalin komunikasi dengan panitia. Mereka melakukan pendaftaran via website resmi acara Sumenep Run 10K 2019.“Sudah ada komunikasi dengan panitia untuk yang Kenya ini, dan insyaallah katanya sudah beli tiket, dan besok (Sabtu, red) sudah tiba di Sumenep,” jelas Fadel.

Adanya peserta dari luar negeri itu juga dibenarkan Rani, bagian rekap nama peserta Sumenep Run 10K 2019. Kata dia, peserta dari luar negara Indonesia ada empat.

“Benar, sudah masuk ke saya empat peserta yang dari Kenya. Semuanya sudah selesai direkap,” tutur Rani.

Para peseta peserta dari mancanegara itu adalah Benard Kiplangat Kibilo (1976), laki-laki, Kenya – Nakuru, Naum Jekosegei (1984), perempuan, Kenya – Nandi.

Kemudian Thomas Kipkorir Maritim (1984), laki-laki, Kenyan – Nandi Central, dan Simon Rotich (1987), laki-laki, Kenya – Nandi South.

Digelar untuk Masyarakat

Event Sumenep Run 10K 2019 digelar dalam rangka Hari Bakti PU tersebut bersifat gratis (Free). Tujuannya, kata Kepala Dinas PU Bina Marga Sumenep, Eri Susanto agar semua kalangan bisa ikut berpartisipasi dan memeriahkan.

“Tentu acara ini dibuat untuk masyarakat, dan Sumenep Run 10K 2019 diharapkan menjadi momentum penting bersejarah di akhir bulan Desember ini,” kata Eri, Kamis (12/12/2019) lalu.

Sumenep Run 10K 2019 besok pagi akan dimulai pukul 05.00 WIB sampai selesai. Rute lari maraton tersebut start di depan Labang Mesem Keraton Sumenep kemudian finish di Femaru Hill Kebunan.

“Semoga masyarakat banyak yang ikut, sebab ini sudah gratis,” harap mantan Kepala Dinas PU Sumber Daya Air itu.

Terpisah, Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, mengharapkan masyarakat luar Kota Keris agar bisa hadir. Baik sebagai peserta maupun untuk menonton keseruan Sumenep Run 10K.

“Yang dari luar Kabupaten tentu bisa hadir, karena ini kegiatannya sifatnya se-Jawa Timur. Saya harapkan datang,” ungkapnya.

Menurut Wabup, Sumenep Run 10K 2019 bisa menjadi ajang untuk menyaring talenta baru anak negeri di perlombaan lari maraton. Karena pada event tersebut nantinya bakal ketahuan bakat-bakat para atlet lari maraton.

“Semoga atlet baru akan lahir di Sumenep melalui acara ini,” harap Fauzi.

Gratis dan Berhadiah

Senada Kepala Dinas PU Bina Marga dan Wabup Fauzi, Ketua Panitia Sumenep Run 10K 2019, Venus Vamaru juga sangat berharap masyarakat bisa antusias mengikuti acara tersebut.

“Insyaallah acara itu akan berjalan meriah, kami juga mengharap partisipasi masyarakat,” ujar Venus.

Pemkab Sumenep, kata dia, sengaja menggelar perlombaan lari maraton ini secara gratis. Meski begitu, tentu Sumenep Run 10K 2019 tetap diharapkan bisa menyaring bibit unggul atlet lari maraton.

“Lari maraton 10K 2019 biasanya itu ada pendaftaran 250 ribu, sebab event nasional. Tapi saat ini kita buat free, agar masyarakat bisa antusias untuk ikut serta. Juga masyarakat Sumenep nanti bisa tahu atlet baru maraton ini loh,” jelas Venus.

Meski bersifat gratis, para peserta tidak perlu khawatir karena panitia tetap menyediakan hadiah layaknya lomba. Selain medali dan doorprize, total hadiah yang disediakan mencapai Rp 20 juta.

Angka tersebut diperuntukkan bagi pemenang putra dan putri. Rinciannya, masing-masing untuk Juara I Rp 5 juta, Juara II Rp 3 juta, dan Juara III Rp 2 juta.

Tak hanya itu, di lokasi finish Femaru Hill Kebunan Jl. Lingkar Utara Baru Desa Kebunan, Kecamatan Kota Sumenep, para peserta dan masyarakat pengunjung sudah disiapkan panggung hiburan dan Festival Jajanan Sumenep.

Artis-artis papan atas bersama Zansibar Big Band dan gitaris legend Pupun eks Kapten (Pupun Dudiyawan) bakal menghibur para peserta Sumenep Run 10K 2019, pun para pengunjung.

Rafiqi, Mata Madura

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Lowongan

Ra Fuad Amin

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d blogger menyukai ini: