Pendidikan

Disdik Sumenep Gelar O2SN Tingkat Kabupaten bagi Siswa SD Sederajat

×

Disdik Sumenep Gelar O2SN Tingkat Kabupaten bagi Siswa SD Sederajat

Sebarkan artikel ini
Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Mohammad Saidi, saat membuka Seleksi O2SN Siswa SD sederajat Tingkat Kabupaten Tahun 2019
Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumenep, Mohammad Saidi, saat membuka Seleksi O2SN Siswa SD sederajat Tingkat Kabupaten Tahun 2019. (Foto Rusydiyono/Mata Madura)

matamaduranews.comSUMENEP-Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Kabupaten bagi siswa Sekolah Dasar (SD) sederajat. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, sejak hari ini, Kamis (11/04/2019) dan Sabtu (13/04/2019).

Pembukaan O2SN tingkat kabupaten dilakukan oleh Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Mohammad Saidi, di halaman Kantor Disdik setempat. Peserta dihibur dengan penampilan drum band berprestasi Gita Kermata dari SDN Saronggi I, yang telah mensukseskan HUT Polri pada kegiatan Polda Jatim tahun 2018 di Bakorwil IV Madura Pamekasan.

Kepala Bidang Pembinaan SD Disdik Sumenep, Fajarisman dalam laporannya menyampaikan, maksud dan tujuan dilaksanakannya seleksi O2SN Tingkat Kabupaten Tahun 2019 itu sebagai upaya mengembangkan bakat dan minat peserta didik dalam bidang olahraga, dan membina serta mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat Nasional maupun Internasional sejak usia sekolah.

“Selain itu, juga untuk mengembangkan jiwa sportif, kompetitif, rasa percaya diri dan rasa tanggung jawab, mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar olahraga, menumbuhkembangkan Nasionalisme dan Cinta Tanah Air, dan menjalin solidaritas dan persahabatan antar pesrta didik sekolah dasar dan yang sederajat,” jelas Fajarisman, Kamis (11/04/2019).

Adapun jenis lomba yang dipertandingkan ada sekitar lima jenis cabang olahraga. Yaitu meliputi lomba Kids-Athletiks, Renang, Bulu Tangkis, Pencak Silat hingga lomba Karate yang pelaksanaannya dipusatkan di Gor A. Yani Pangligur Sumenep.

“Untuk peserta sepenuhnya berasal dari utusan terbaik kecamatan dari kelas IV dan V SD dan yang sederajat. Dan alhamdulillah diikuti seluruh utusan kecamatan daratan dan kepulauan,” ungkap Fajar, panggilan akrab Kabid Pembinaan SD Disdik Sumenep itu.

Sementara Plt Kadisdik Sumenep, Muhammad Saidi menegaskan, pelaksanaan O2SN tersebut tak lain untuk mencari bibit olahragawan siswa tingkat SD sederajat. Makanya, ia bersyukur O2SN tahun ini bisa diikuti oleh seluruh perwakilan kecamatan, baik daratan maupun kepulauan di Sumenep.

“Yang menang nantinya, akan dilakukan pembinaan lanjutan untuk menghadapi lomba di tingkat Jawa Timur pada Juli 2019 mendatang,” ujarnya kepada sejumlah media, saat ditemui usai Pembukaan Seleksi O2SN 2019 SD sederajat tingkat Kabupaten, Kamis (11/04/2019).

Untuk diketahui, sejak awal terselenggaranya O2SN 2006 silam, Kabupaten Sumenep telah dua kali menorehkan prestasi dengan menjuarai tingkat nasional. Sehingga, Saidi berharap tahun ini utusan Sumenep bisa kembali menorehkan prestasi yang gemilang.

“Sudah sekitar 12 tahun O2SN terselenggara, siswa utusan Sumenep berhasil meraih juara dua Nasional, dua kali. Dan kami masih yakin tahun ini Sumenep akan kembali berprestasi,” pungkasnya.

Rusydiyono, Mata Madura

KPU Bangkalan