Berita Utama

Genderang Pilkada Belum Ditabuh

×

Genderang Pilkada Belum Ditabuh

Sebarkan artikel ini
Cover Story/A. Warits Muhshi
Cover Story/A. Warits Muhshi

MataMaduraNews.com – Tahapan Pemilukada di tiga Kabupaten Madura memang belum dimulai. Setidaknya, jadwal Pemilukada Bangkalan, Sampang dan Pamekasan, masuk jadwal Pilkada serentak gelombang ke tiga di pusaran bulan Juni 2018 yang menandai Akhir Masa Jabatan (AMJ) Kepala Daerah.

Kendati tahapan Pemilukada setahun sebelumnya belum dimulai, nama-nama bakal calon bupati (Bacabup) dan bakal calon wakil bupati (Bacawabup) di Bangkalan, Sampang dan Pamekasan sudah sudah ramai diperbincangkan untuk bertarung dalam Pemilukada 2018.

Nama-nama Bacabup Bangkalan meramaikan warganya untuk berbicara dan mengusung figur kesukaannya. Nama Ra Momon (incumbent), Ra Mondir (Wabup incumbent), Farid Al Fauzi (DPR RI, Hanura), H Fatkhurrahman (Wakil Ketua DPRD Bangkalan, PDI-P), Nidzar Zahro (DPR RI;Gerindra), sudah menyesaki isu Pilkada Bangkalan. (Lebih lengkap baca: Berebut Kursi Bangkalan 1).

Pilkada Sampang juga demikian. Nama yang mulai bermunculan adalah Slamet junaidi (DPR RI, Nasdem), Hermanto Subaidi (mantan Sekkab Sampang), Hasan Jailani alias Mamak (aktivis, PDI-P), Ny. Anik Amanillah (istri incumbent), Abdus Salam (Wakil Ketua DPRD Sampang, Demokrat). (Lebih lengkap baca; Berharap Sampang Berubah).

Pilkada Pamekasan juga ramai diperbincangkan. Ada nama Ach. Halili Yasin (Ketua DPRD Pamekasan dari PPP yang juga adik kandung incumbent). Badrud Tamam (DPR Prov Jatim dari PKB) juga ramai disebut sebagai bacabup Pamekasan. KH Kholilur Rahman (mantan Bupati Pamekasan dan kini anggota DPR RI dari PKB). Dan Khalil Asy’ari (Wabup Pemekasan). Serta Taufadi, pengusaha muda yang mulai deklarasi sebagai bacawabup. (Lebih lengkap baca: Pertarungan Papan Atas).

Pendanaan Pilkada
Ketua KPU Bangkalan, Moch. Fauzan Ja’far mengaku belum berbuat apa-apa karena terbentur jadwal tahapan yang belum dilakukan. “Tahapan Pemilukada dimulai 12 bulan sebelum pelaksanaan. Jadwal Pemilukada Bangkalan pada bulan Juni 2018,” terang Fauzan, saat dihubungi Mata Madura.

Namun, untuk pendanaan Pemilukada Bangkalan, KPU sudah menghitung dan menyusun RKB (Rencana Kebutuhan Biaya) untuk kegiatan dan tahapan Pemilukada Bangkalan sebesar Rp 48,6 miliar. “Tapi ini masih angka kasar, Mas,” tambah Fauzan.

KPU Sampang juga mealokasi anggaran Pemilukada sekitar Rp 50 M. “Tapi ini masih belum final. Bisa jadi angka itu bertambah, dan bisa juga berkurang,” terang Ketua KPU Sampang, Syamsul Muarif saat ditemui Mata Madura.

Ketua KPU Pamekasan, Moh. Hamzah mengaku sudah menggarkan untuk Pemilukada Pamekasan. Namun , DPRD hanya menyetujui separuh dari anggaran yang diajukan. (jamal/hasib/farhan)

Berebut Kursi Bangkalan 1 (Bangkalan), Berharap Sampang Berubah (Sampang), Pertarungan Papan Atas (Pamekasan), dan Pegadaian Partai Politik (Refleksi Pilkada), selengkapnya baca di Tabloid Mata Madura Edisi 3/27 Juni 2016!

KPU Bangkalan