Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022

matamaduranews.com-Indonesia Juara Piala AFF U-16 2022 setelah menaklukkan Vietnam 1-0 di final, Jumat, 12 Agustus 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman-Yogyakarta.

Kemenangan Timnas Indonesia tercipta berkat gol indah yang dicetak oleh Kafiatur Rizky di pengujung babak pertama.

Gol itu tak mampu dibalas oleh Vietnam meski terus melakukan tekanan secara spartan di sepanjang pertandingan.

Pada pertandingan ini, Indonesia kalah dalam penguasaan bola di sepanjang babak pertama.

Kendati begitu, pasukan Garuda Asia bermain lebih efektif dengan menciptakan lebih banyak peluang dibanding Vietnam.

Setelah serangkaian serangan yang dilancarkan anak buah Bima Sakti gagal membuahkan hasil. gol yang ditunggu-tunggu para pecinta sepak bola Tanah Air pun tiba di menit-menit akhir babak pertama.

Adalah Kafiatur Rizky yang menjadi pahlawan Indonesia lewat gol tunggal yang ia cetak pada menit ke-45+7.

Diawali umpan tarik dari sisi kiri pertahanan Vietnam, Rizky hanya membutuhkan sekali kontrol untuk melepaskan tembakan melengkung yang gagal diantisipasi oleh kiper Vietnam.

Skor 1-0 untuk Indonesia. Gol itu pun menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 untuk Indonesia.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia langsung menggempur pertahanan Vietnam lewat serangan bertubi-tubi.

Beberapa peluang pun diperoleh Indonesia. Sayang, lemahnya penyelesaian Indonesia membuat sejumlah peluang itu gagal membuahkan gol.

BACA JUGA :  Jelang Perempat Final, Ini Daftar Top Skor Sementara Piala Presiden 2017.

Memasuki 15 menit terakhir, Vietnam mencoba untuk menggagalkan kemenangan Indonesia dengan terus menggempur pertahanan Indonesia. Bahkan berkali-kali mereka hampir mendapatkan gol penyama kedudukan.

Beruntung, hingga babak kedua usai, Timnas Indonesia berhasil mempertahankan keunggulan 1-0. Kemenangan ini pun mengantarkan Indonesia menjadi jawara.

Pelatih Timnas U-16 Indonesia Bima Sakti tetap rendah hati meski telah mengantarkan pasukan Garuda Asia berhasil meraih gelar trofi juara Piala AFF U-16 2022.

Alih-alih mengklaim bahwa keberhasilan tersebut berkat tangan dinginnya, Bima justru menyebut pelatih SSB dan orang tua pemain adalah orang-orang yang berjasa besar atas pencapaian ini.

“Kalau saya tinggal meneruskan. Pelatih mereka di SSB, orang tua para pemain adalah orang yang paling berjasa atas hasil ini. Mereka yang membuat para pemain kita bisa seperti ini,” ujar Bima.

Bima Sakti sendiri menyatakan, kunci sukse timnya memenangkan pertandingan ini karena kerja keras seluruh komponen tim, mulai pemain, pelatih dan ofisial.

“Kami semua bekerja keras, semangat dan tak kenal lelah,” tutur Bima.

Bima sendiri mendedikasikan kemenangan ini untuk ketiga anaknya, istri dan orang tuanya yang terus memberikan dukungan sejak awal turnamen ini digelar. “Mereka ada di sini. Orang tua saya ada di atas (tribun),” ujar Bima. (ngopibareng.id)

Komentar