Lionel Messi Bawa Argentina Juara Piala Dunia 2022

matamaduranews.com-Lionel Messi membawa Timnas Argentina juara Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB.

Sang juara bertahan Perancis takluk pada Lionel Messi dkk meski permainan menegangkan, dan dramatis berakhir lewat adu penalti.

Pelatih Argentina, Lionel Scaloni menurunkan formasi 4-4-2 pada laga ini dengan mengandalkan duo penyerang, Lionel Messi dan Julian Alvarez sebagai ujung tombak tim.

Sementara, Pelatih Prancis Didier Deschamps menurunkan formasi 4-2-3-1, Olivier Giroud diturunkan sebagai striker dan ditopang oleh Kylian Mbappe dan Ousmane Dembele di kedua sisi sayap.

Bermain menekan sejak menit awal, Argentina langsung mendapat peluang di menit ke-5. Alexis Mac Allister melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun kiper Prancis, Hugo Lloris masih mampu mengamankan bola.

Argentina mengancam lagi. Memanfaatkan kemelut di kotak penalti, Lionel Messi mengirim umpan yang langsung disambar Angel Di Maria, sayang tembakan penyerang Juventus itu malah melambung tinggi dari gawang.

Argentina akhirnya mampu memecah kebuntuan di menit ke-21.

Wasit menunjuk titik putih usai Angel Di Maria dijatuhkan Ousmane Dembele di kotak terlarang.

Messi yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dan membawa Argentina memimpin 1-0.

Unggul satu gol, tak membuat Argentina menurunkan tekanan. La Albiceleste kembali memberikan ancaman di menit ke-32. Ancaman datang dari tembakan jarak jauh Mac Allister.

Sayang arah tembakan Allister belum tepat sasaran.

Argentina menggandakan keunggulan di menit ke-36. Lewat skema serangan balik, Julian Alvarez mengirim umpan kepada Mac Allister yang bebas di depan.

Gelandang Brighton itu kemudian mengalirkan bola kepada Di Maria yang langsung melepaskan tembakan ke sudut kanan gawang Prancis. Gol, Kiper Prancis Hugo Lloris gagal mengantisipasi bola.

Prancis coba melakukan perubahan dengan memasukkan Kolo Muani dan Marcus Thuram, namun hingga 45 menit pertama usai, tak ada satupun gol balasan yang tercipta. Skor 2-0 untuk keunggulan Argentina bertahan hingga turun minum.

BACA JUGA :  3 Poin di Laga Perdana, Muluskan Langkah PMU di Liga 2 Indonesia

Usai jeda, Prancis lebih bermain menekan untuk mengejar ketertinggalan. Hasilnya mereka berhasil mencetak dua penyama kedudukan.

Gol balasan pertama Prancis dicetak lewat titik putih pada menit ke-79. Wasit memberikan tendangan penalti kepada Les Bleus usai Nicolas Otamendi melanggar Randal Kolo Muani di kotak terlarang.

Kylian Mbappe yang maju sebagai eksekutor penalti berhasil menaklukkan Emiliano Martinez dan menipiskan ketertinggalan menjadi 2-1.

Prancis kemudian berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-81. Kylian Mbappe kembali mencatatkan namanya di papan skor usai sukses menyambar umpan Marcus Thuram dengan tendangan first time.

Tak ada tambahan gol hingga peluit panjang berbunyi, skor seri 2-2 pun memaksa laga dilanjutkan ke babak perpanjang waktu.

Memasuki babak tambahan, laga tetap berjalan ketat.

Kedua tim sama-sama bermain terbuka sehingga terjadi jual beli serangan.

Argentina mencetak gol terlebih dahulu di menit ke-108. Lautaro Martinez melepaskan tembakan, namun mampu ditepis oleh Lloris. Bola muntah kemudian berhasil disambar Messi. Gol, La Albiceleste unggul 3-2.

Prancis kemudian menyamakan kedudukan di menit ke-117. Wasit memberikan tendangan penalti kedua untuk Prancis usai Leandro Paredes melakukan handball di kotak terlarang.

Mbappe yang kembali menjadi eksekutor lagi-lagi berhasil menaklukkan Martinez. Skor kembali seri 3-3. Laga pun harus dilanjutkan ke babak adu penalti.

Argentina pun meraih kemenangan usai dua penendang penalti Prancis, Kingsley Coman dan Aurélien Tchouaméni gagal mengeksekusi penalti ke gawang La Albiceleste. Lionel Messi pun meraih gelar juara Piala Dunia. (Edwin Fatahuddin)

kempalan

Komentar