Menu

Oh Ternyata, Anita Yasmin yang Viral Jadi Ketua DPRD Termuda Menantu Wakil Bupati Batanghari

Oh Ternyata, Anita Yasmin yang Viral Jadi Ketua DPRD Termuda Menantu Wakil Bupati Batanghari
Anita Yasmin mendapatkan ucapan selamat dari mertuanya, Sofia Joesoef yang juga Wakil Bupati Batanghari. (Foto/Istimewa)
Link Banner

matamduranews.com-JAMBI-Penetapan Anita Yasmin sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batanghari Periode 2019-2024, Provinsi Jambi pada 2 Oktober lalu memang membuat publik berdecak kagum.

Bagaimana tidak, politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut memiliki paket komplet seorang perempuan. Apalagi kalau bukan cantik, muda, dan smart. Ia menjabat Ketua DPRD Batanghari di usia 24 tahun, sehingga tercatat sebagai Ketua Dewan Termuda Se Indonesia.

Nita, panggilan akrabnya, ditetapkan sebagai Ketua DPRD Batanghari berdasarkan Surat Keputusan Nomor: PAN/A/Kpts/KU-SJ/109/VIII/2019, tentang Penetapan Calon Pimpinan DPRD Kabupaten Batanghari dari Fraksi PAN Periode 2019-2024.

Ia diambil sumpah oleh Kepala Pengadilan Negeri Muarabulian pada tanggal 2 Oktober lalu bersama pimpinan DPRD Batanghari lainnya, yakni Hj Yunninta Asmara sebagai Wakil Ketua I dan Ilhamudin sebagai Wakil Ketua II.

Akan tetapi, tahukah Anda siapa Anita Yasmin ini?

Nah, ternyata dia bukan sosok yang asing lagi. Pasalnya, Nita merupakan menantu dari Wakil Bupati Batanghari, Hj. Sofia Joesoef, yang juga Ketua DPD PAN Batanghari 2015-2020.

Wanita kelahiran 26 Juli 1995 tersebut tak lain adalah istri dari M. Hafiz Fattah. Hafiz sendiri digadang-gadang maju sebagai calon bupati di Pilkada Batanghari tahun 2020 mendatang bersama sejumlah tokoh yang cukup popular lainnya di masyarakat Batanghari.

Tapi, popularitas Anita tak hanya karena dompleng keluarga suaminya yang pejabat sekaligus politisi. Sebelumnya, Nita sudah popular karena aktif di dunia jurnalistik sebagai presenter berita pada salah satu stasiun TV lokal Jambi.

Bahkan, alumni Universitas Jambi tahun 2017 itu sudah aktif di berbagai organisasi sejak mahasiswa. Ia pernah menjabat beberapa posisi penting di sejumlah Organisasi Kepemudaan (OKP) maupun Organisasi Masyarakat (Ormas).

Lebih lanjut, penelurusan Mata Madura selanjutnya menemukan fakta bahwa Anita juga punya rekam jejak lain jauh sebelum ditetapkan menjadi Ketua DPRD Batanghari. Dilansir dari TribunJambi, Nita diketahui pernah menekuni dunia modeling dan tari dengan sejumlah prestasi.

Pada artikel yang dilansir tanggal 1 Januari 2012 lalu, sepanjang tahun 2011 setidaknya Nita disebutkan memanen lima piala dari berbagai ajang lomba.

“Kelimanya berupa dua piala dari ajang Pemilihan Model Indonesia 2010-2011 yang diselenggarakan di Jakarta pada akhir Januari, satu trofi  Juara 2 sebuah lomba menari tingkat provinsi, juga masing-masing satu trofi lomba karya tulis ilmiah tingkat Kota Jambi dan Provinsi Jambi,” demikian ditulis TribunJambi.

Tak hanya itu, koleksi piala dari prestasinya di bidang seni tari masih banyak lagi. Bahkan, prestasi di bidang tari lebih banyak daripada modeling yang disebutkan sebelumnya.

“Menari itu mulai dari kelas tiga SD, kalau modeling baru mulai dari kelas enam SD,” kata Nita waktu itu.

Kini, masyarakat Batanghari tinggal menunggu, prestasi apakah yang akan diukirnya setelah mengemban tanggung jawab dan amanah rakyat sebagai Ketua DPRD Batanghari?

Sebab, menurut ceritanya H. Hipni Kadir, ayahnya, sebagaimana dikuti HaloJambinews, Nita sudah memiliki aura politik sejak masih remaja. Apalagi, putrinya itu akhirnya menikah dengan anak Ketua DPD PAN Batanghari, yang seorang politisi.

“Sebagai Ayah, saya terharu ketika melihat Anita Yasmin diambil sumpahnya menjadi Ketua DPRD tadi. Semoga putri saya, yang merupakan istri dari M. Hafiz Fattah, mampu mengemban tugas sebagai ketua maupun sebagai wakil rakyat,” ujar Hipni, yang didampingi kakak Anita Yasmin, Firdaus.

Satu lagi, keluarga Nita juga punya rekam jejak politik. Sebelumnya, pada periode 2014-2019, Firdaus, kakaknya, pernah menjadi wakil rakyat di DPRD Kota Jambi.

“Saya akui, sejak Anita remaja, sudah tampak aura politik yang dimilikinya. Sama seperti kakaknya Firdaus, yang pernah menjadi wakil rakyat DPRD Kota Jambi 2014-2019 kemaren. Pakciknya Anita, juga pernah menjadi wakil rakyat. Cuma saya aja yang tidak,” ungkap Hipni.

Usai dilantik sebagai Ketua DPRD Batanghari beberapa waktu lalu, Anita memohon doa restu dan dukungan kepada seluruh anggota DPRD, unsur Forkopimda, Pemerintah dan rakyat Kabupaten Batanghari, agar dirinya bersama jajaran pimpinan DPRD bisa menjalankan amanah dan tanggung jawab selama lima tahun ke depan.

“Semoga kami bisa menjalankan amanah rakyat ke depan dengan sebaik-baiknya,” harap Nita, yang juga menjabat Ketua Banggar dan Bamus DPRD Batanghari.

Rafiqi, Mata Madura

Bagikan di sini!
KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Lowongan

Ra Fuad Amin

Hukum dan Kriminal

Budaya

Kerapan Sapi

Catatan

Opini dan Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional