Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Generasi Milenial
Oleh: Kevin Reyhan Haryadi*)

Mata Madura - 29/11/2021
Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Generasi MilenialOleh: Kevin Reyhan Haryadi*)
Ilustrasi Kesehatan Mental - (Istimewa/Mata Madura)
Penulis
|
Editor Rafiqi

Mental adalah hal-hal yang berkaitan dengan batin dan watak manusia. Kesehatan mental adalah kondisi saat batin dan watak manusia dalam keadaan normal, tenteram, dan tenang, sehingga dapat menjalankan aktivitas dan menikmati kehidupan sehari-hari.

Apa saja yang termasuk dengan kesehatan mental? Kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial manusia. Di mana hal ini membantu seseorang untuk berpikir, merasa, bertindak, dan menghadapi stres.

Seseorang dengan kondisi mental yang tidak baik akan sulit mengendalikan emosi, stres, serta tidak dapat berpikir, merasa, bertindak, dan membuat keputusan dengan tepat. Bahkan, seseorang dengan mental yang buruk pun cenderung memiliki hubungan yang tidak baik dengan orang di sekitarnya atau kerap menarik diri dari kehidupan sosialnya.

Di masa sekarang, para generasi milenial harus mengetahui cara menjaga kesehatan mental. Sebab, kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting diketahui untuk bisa dikendalikan oleh para generasi milenial, terutama para remaja.

Di masa pencarian jati diri generasi milenial yang mayoritas masih remaja, kesehatan mental sangatlah penting untuk masa depan mereka. Generasi milenial harus bisa beradaptasi dengan lingkugan sekitar mereka. Generasi milenial tidak boleh terjebak dalam zona nyaman mereka sendiri. Karena saat mereka tumbuh dewasa kelak akan terjun ke masyarakat dan harus bisa beradaptasi dan berkontribusi kepada masyarakat.

Lalu apa yang terjadi jika kondisi mental kita tidak stabil? Dampak dari tidak stabilnya kesehatan mental terbagi menjadi dua, yakni jangka pendek dan jangka panjang.

Untuk jangka pendek contohnya adalah gangguan kesehatan yang bisa disebabkan stress, masalah keluarga dan masalah dengan lingkungan sekitar. Untuk jangka panjang, jika kesehatan mental tidak kunjung ditangani seseorang bisa mengalami depresi.

Jika Anda telah mengalami beberapa gejala di atas lalu bertanya bagaimana cara menanganinya, Anda tidak perlu khawatir. Cara menangani gangguan kesehatan mental di antaranya adalah membantu orang lain dengan tulus, berpikir positif di setiap keadaan atau masalah yang dihadapi, menjaga hubungan yang baik dengan sekitar, dan bersyukur dengan apa yang kita terima.

Kesehatan mental mempengaruhi seseorang untuk bisa menangani masalah-masalah yang ada di dalam hidup mereka. Oleh karena itu, sangat penting bagi para kaum remaja untuk bisa menjaga kesehatan mental, supaya bisa dengan tegar dan selalu siap menghadapi apa yang diberikan kehidupan kepada kita.

*) Kevin Reyhan Haryadi, mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
--> -->