Pendidikan

Siswa SMP Binar Sumenep Dibekali Wasbang di Hari Pertama Masuk Sekolah

×

Siswa SMP Binar Sumenep Dibekali Wasbang di Hari Pertama Masuk Sekolah

Sebarkan artikel ini
Siswa SMP Binar
Para Siswa SMP Binar Sebelum Mengikuti Wasbang Bela Negara di Makodim Sumenep

matamaduranews.comHari pertama masuk sekolah tahun ajaran 2023-2024, Senin 17 Juli 2023. Tampak berbeda dengan para siswa-siswi SMP Binar Junior High School Sumenep. Seluruh siswa memakai pakaian adat. Semua siswa dari kelas 7 sampai kelas 9, mengikuti kegiatan wawasan kebangsaan (Wasbang) di Makodim 0827/Sumenep.

Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E.,M.Si hadir langsung memberikan Wasbang pembekalan bela negara kepada 154 siswa-siswi SMP Binar Junior High School di Aula Makodim.

Dandim Donny dalam sambutan mengatakan, bela negara merupakan tanggungjawab setiap individu warga negara dalam rangka menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.

“Pembekalan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi tentang pentingnya “Bela Negara” untuk mencintai negaranya sendiri,” tutur Dandim Letkol Donny mengawali sambutan.

Siswa SMP Binar
Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E.,M.Si saat memberikan pembekalan bela negara kepada 154 siswa-siswi SMP Binar di Aula Makodim.

Donny bersyukur para siswa SMP Binar ditanamkan nilai-nilai cinta tanah air sejak dini. Sebagai generasi muda bangsa, katanya-harus memiliki semangat nasionalisme, patriotisme, dan kewajiban untuk menjaga kedaulatan negara untuk menjaga keutuhan wilayah NKRI serta menjaga keselamatan bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Menjaga keutuhan dan kedaulatan negara, bukan hanya TNI, tetapi adek-adek di depan saya ini berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara,” urainya.

Usai pembekalan Wasbang bela negara. Para siswa-siswi SMP Binar mengikuti serangkaian materi lainnya di antaranya PBB dan Outbond oleh penyaji materi dari staf teritorial Serma Eko.

Siswa SMP Binar
Semua Siswa SMP Binar Junior High School berpose bersama sebelum dimulai Wasbang Bela Negara di Makodim Sumenep, Senin 17 Juli 2023.

Dalam kegiatan PBB dan Outbond itu,  para siswa ditanamkan sikap kedisiplinan dan melatih kekompakan serta jiwa berkompetisi antar siswa.

“Kegiatan ini untuk melatih siswa disiplin sejak dini, konsentrasi dalam setiap gerakan serta kompak saat berkompetisi, dengan harapan akan tertanam hingga dewasa nantinya,” harap Serma Eko.

SMP Binar Junior High School Sumenep beralamat di JL Jembatan Kebunagung Kota Sumenep baru berdiri tiga tahun lalu. Setiap ajaran baru. Meski banyak pendafatar. Sekolah ini membatasi 20 siswa untuk satu kelas. Siswa yang diterima melalui seleksi.

Kepala SMP Binar Junior High School Sumenep, Istianah Sandy sengaja membatasi jumlah siswa karena setiap siswa dididik dan diasuh secara customize. Yaitu, berdasar karakter, potensi bakat dan pencapaian masing-masing anak.

SMP Binar Sumenep
Tali Asih Dari Kepala SMP Binar Junior High School Sumenep, Istianah Sandy kepada Dandim 0827/Sumenep Letkol Czi Donny Pramudya Mahardi, S.E.,M.Si

“Kelas kecil lebih efektif diterapkan untuk mobilitas dan evaluasi pengembangan bakat,” terang Istianah, seperti dikutip dalam brosur sekolah yang diterima redaksi.

“InsyaAllah tahun depan akan membuka 2 rombel. Karena banyak animo siswa untuk sekolah di Binar.
Mohon doanya semoga Allah senantiasa meluruskan niat kami dan terus diberi hidayah oleh Allah kepada keluarga besar BINAR JUNIOR High School,” tulis Ibu Istianah. (*)

KPU Bangkalan