Sukses Festival Bahari Kamal, Ada Harapan Mengembalikan Kejayaan Pelabuhan Kamal

Camat Kamal, H Hasan Faisol sumringah setelah sukses gelar Festival Bahari Kamal
Camat Kamal, H Hasan Faisol sumringah setelah sukses gelar Festival Bahari Kamal

MataMaduraNews.comBANGKALAN-Camat Kamal, Bangkalan, Madura,  Jatim,  H Hasan Faisol merasa bersyukur gelaran Festival Bahari Kamal bisa berjalan lancar dan meriah. Selama seminggu penuh acara Festival Bahari Kamal berlangsung, sejak tanggal 10- 17 November 2016 , benar-benar terasa bagi masyarakat.  Perputaran ekonomi di sekitar pelabuhan Kamal pasca pengoperasian Jembatan Suramadu, kembali menggeliat.

Gagasan Festival Bahari Kamal ini digelar berawal dari kegelisahan Camat Faisol. Ketika itu, banyak pedagang di sekitar pelabuhan Kamal yang mengeluh atas memburuknya roda ekonomi sejak Suramadu beroperasi.

Keluhan tersebut mengispirasi Camat Faisol untuk mencari terobosan mengambalikan kejayaan ekonomi masyarakat Kamal. ‘’Pelabuhan Kamal saat itu menjadi pelabuhan teramai se-dunia. Bisa dibayangkan kondisi saat ini. Kondisinya berbalik 180 derajat. Pendapatan ekonomi warga Kamal turun drastis sejak Jembatan Suramadu beroperasi. Kini, pelabuhan Kamal bisa jadi tersepi se-dunia,’’ terang  Camat Fasiol kepada Mata Madura.

Dari keluhan tersebut, H Faisol berdiskusi dengan Pemkab Bangkalan dan sejumlah stakeholder. Sehingga muncul ide dari Pak Deni UTM dan Prof Daniel ITS  serta Forum Maritim Jawa Timur untuk membuat even Festival Bahari Kamal.

“Alhamdulillan respon masyarakat luar biasa. Sehingga aneka lomba dalam Festival Bahari Kamal menjadi hiburan yang semarak,” akunya bangga.

Usai gelar Festival Bahari Kamal, kini tugas Pemerintah Kecamatan Kamal menunggu untuk membangkitkan gairah ekonomi seperti Kamal tempo dulu. Caranya? Camat Faisol mencanangkan Pelabuhan Timur Kamal sebagai pusat kuliner dan wisata  naik perahu keliling Suramadu. Pengunjung wisata yang banyak dengan sendirinya bisa mendongkrak ekonomi warga sekitar.

BACA JUGA :  KPUD Bangkalan Terima Berkas Salinan Anggota PPP Bangkalan

‘’Yang paling utama setelah Festival Bahari Kamal adalah Kamal Bersih. Terutama di daerah pesisir pantai dan di laut. Sekarang, tokoh masyaraka dan masyrakat setuju mengharamkan membuang sampah ke laut,’’ tambahnya.

Sukses Festival Bahari Kamal. Berikur kegiatan yang menarik antusiasme pengunjung dari tanggal 10-17 November 2016.

-Festival Lampion
– Gowes Bahari Kamal
– Festival Bakar Ikan
– Festival Seni Bahari Kamal
– Festival Lomba Layang-Layang
– Festival Perahu Tradisional ( Hias )
– Kentongan Bambu / Tok Tok Bambu)

-Lomba Mewarnai Tingkat Tk dan SD / sederajat
– Lomba Menggambar Tingkat SMP dan SMA / Sederajat
– Lomba Essai SMA / Sederajat dan Mahasiswa
– Lomba Fotografi untuk Jurnalis serta umum
– Lomba Fashion Bahari
– Lomba Duta Bahari
– Lomba Balap Perahu Tradisional
– Lomba Kambing Cantik
– Lomba Mancing Diatas Perahu
– Lomba Power Speed Boat

Eko, Mata Bangkalan

Berikut foto-foto saat pembukaan Festival Bahari Kamal

fbk-1 fbk-2 fbk-3 fbk-4 fbk-5 fbk-6 fbk-7

Komentar