Sukses MHQ BPRS Bhakti Sumekar Menyemarakkan Hari Jadi Sumenep ke 753

matamaduranews.com-Tuntas sudah Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Sumenep  ke-753 yang digelar BPRS Bhakti Sumekar yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kemenag Sumenep.

Bertempat di Pendapa Keraton Sumenep. Lomba hafalan Al Quran untuk siswa dimulai 3 Oktober 2022 yang diikuti 453 peserta. Sebanyak 405 peserta dari wilayah daratan dan 48 peserta dari kepulauan, dari 182 lembaga pendidikan.

Grand final Musabaqoh Hifdzil Quran (MHQ) Tropi Bupati Sumenep digelar Jumat, 21 Oktober 2022. Babak grand final terdapat 12 peserta dari empat kategori. Meliputi anak putra, anak putri, kategori remaja putra dan putri.

Kategori anak, juz 1 atau juz 30 usia 6 hingga 11 tahun. Dan kategori remaja juz 1 sampai dengan juz 5 usia 12 hingga 15 tahun.

Mereka unjuk kebolehan merebut gelar juara 1, 2, dan 3 MHQ Tropi Piala Bupati Sumenep 2022.

Empat kategori itu dimenangkan:

FINALIS

  • Kategori anak putra; Zulfan Fariq Ash-Shiddiqi, Muhammad Anas, Raffasya Maleek Zaafaroni.
  • Kategori anak putri; Gyta Surur Ghibtani, Nizam Almalika Wijaya, Rustin Wijiyanti.
  • Kategori remaja putra; Aqil Arsyad Al Fauzan, Fikran Nadhif Billah, Firmansyah Rasidi.
  • Kategori remaja putri; Risa, Nadiya Qoimatul Islamiyah, Matlubatun Najah.

JUARA HARAPAN

  • Kategori anak putra; Moh Dede Rafa Aditya, Ach Nadel Kafie, Dzulfan Al-Jizi, Abdulloh, Kanzu El Suhrawi, Ismed Kivlan Zain, Abdan Khoiri Tsabit Faza.
  • Kategori anak putri; Syafa Auliya Putri, Fanissa Abidah El Zhafirah, Filzatul Kayyis Assyafa, Berna Dzakira Esta Fahima AZ, Dita Paneka Septiafitri, Norhalima, Arumi Husna Farhatin.
  • Kategori remaja putra; Hasbi Robby Robbany, M Fawwaz Zufar Rizqullah, Erifal Pratama Putra, Salman Humaida, M Rajibur Rohman, Dawam Helmi Mubarok, Ainur Wafi.
  • Kategori remaja putri; Lubna Annajud, Alia Nur Fathanah, Humayra Fatiyatur Ridha, Ainina Insiyah, Naila Fauziyah, Rizqa Auliya Islamiyah Putri, Najma Humaisah.
BACA JUGA :  Kiai Lembung, Kwanyar; Mengamini Doa untuk Madura Barat

Penyerahan tropi juara dilaksanakan pada puncak peringatan Hari Jadi ke 753 Kabupaten Sumenep, Senin 31 Oktober 2022 di halaman Pemkab Sumenep.

MHQ BPRS Bhakti Sumekar
Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat acara pembukaan MHQ BPRS Bhakti Sumekar 2022 di Pendopo Agung Keraton Sumenep.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi didampingi Direktur BPRS Bhakti Sumekar Hairil Fajar ikut menyerahkan hadiah kepada pemenang Musabaqah Hafalan Alquran (MHQ).

Hairil Fajar kepada media mengatakan, kegiatan MHQ sengaja dipelopori Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar untuk mencetak bibit generasi emas yang berkarakter qurani. Selain wadah penyaluran bakat bagi generasi muda di daerah.

“MHQ BPRS Tropi Bupati 2022 sukses terselenggara lantaran dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak. Yakni, bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag) dan Dinas Pendidikan (Disdik),” terang Hairil Fajar.

“Ini sebagai bentuk perhatian kami terhadap lembaga pendidikan. Alhamdulillah, antusias para calon hafiz dan hafizah luar biasa, para peserta tembus 435 dari daratan dan kepulauan di Sumenep,” ujar Direktur Utama (Dirut) BPRS Bhakti Sumekar Hairil Fajar, Senin (31/10/2022).

Menurutnya, selain mencetak generasi hafiz dan hafizah kegiatan MHQ merupakan bentuk dedikasi terhadap perayaan Hari Jadi (Harjad) Sumenep ke 753. Sebab, memiliki visi yang sama. Yakni, membumikan alquran di daerah yang identik dengan slogan Kota Keris.

“Kami akan terus mendukung seluruh sektor yang menjadi nilai jual bagi Sumenep. Termasuk seluruh kegiatan yang melibatkan dan meningkatkan kualitas masyarakat. Seperti peningkatan prestasi,” ucapnya.

Dari berbagai rentetan kegiatan peringatan Harjad Sumenep, diharapkan kegiatan dari kelembagaannya bisa memberikan dampak baik bagi masyarakat. Baik dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) maupun dampak positif lainnya. Bahkan berjanji, akan selalu memberikan kegiatan yang memiliki manfaat lebih kepada masyarakat.

“MHQ ini adalah salah satunya, Insya Allah ada kegiatan lain yang tidak kalah dari sisi manfaat dan keberagamannya,” pungkas Fajar. (*)

Komentar