Tidak Kuat Puasa 10 Hari Pertama Bulan Rajab, Ini Solusinya

×

Tidak Kuat Puasa 10 Hari Pertama Bulan Rajab, Ini Solusinya

Sebarkan artikel ini
Tidak Kuat Puasa 10 Hari Pertama Bulan Rajab
Ilustrasi bulan Rajab

matamaduranews.comBulan Rajab adalah bulan ke-7 tahun Hijriah. Bulan istimewa sebelum bulan Ramadan, karena adanya peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, yang terjadi pada tanggal 27 bulan Rajab.

Dilansir Mata Madura dari Channel YouTube Penerus Para Nabi, bulan Rajab termasuk bulan mulia atau disebut dengan asyharul hurum, yang artinya adalah bulan Allah.

Sedangkan bulan Sya’ban adalah bulannya Nabi Muhammad SAW. Kemudian, bulan Ramadan adalah bulannya umat Nabi Muhammad SAW.

KH Maimun Zubair Sarang, Rembang mempunyai makna tersendiri terhadap bulan Rajab. Mbah Maimun memaknai bulan Rajab sebagai bulan Nur atau Cahaya Muhammad, karena cahaya Nabi Muhammad SAW hadir dari rahim Sayyidah Aminah.

Karena itu, Mbah Maimun menganjurkan umat Islam untuk menjalankan puasa di bulan Rajab, yang segera jatuh Selasa, 2 Februari malam ini di tahun 2022.

“Hendaknya menjalankan puasa Rajab. Puasa Rajab itu sebaiknya tanggal 1 sampai 10,” saran KH Maimun Zubair.

Bagaimana kalau tidak kuat puasa selama 10 hari pertama bulan Rajab?

“Kalau tidak kuat, cukup tanggal 10 saja. Kalau kuat 2 hari, puasa tanggal 1 dan 10,” terang Mbah Maimun.

Ulama yang sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar yang akrab disapa Mbah Moen itu menegaskan lagi, sebaiknya bulan Rajab digunakan buat puasa.

Dalam channel YouTube Tholabul Halal, Mbah Moen mengatakan seandainya tidak kuat puasa dari tanggal 1 sampai 10, solusinya bisa puasa pada tanggal 10 saja.

“Sebab apa? Sayyidah Aminah berkumpul dengan Sayyid Abdullah pada malam Jumat tanggal 10 Rajab. Sayyidah Aminah dan Sayyid Abdullah berkumpul, tahu kumpulnya pengantin?” tanya Mbah Moen.

Kumpulnya Sayyidah Aminah dengan Sayyid Abdullah, kata Mbah Moen ialah bersamaan dengan turunnya sukma Sayyid Abdullah kepada Sayyidah Aminah, dan bersamaan pula dengan turunnya Nur atau Cahaya Nabi Muhammad SAW.

“Makanya sebisa mungkin tanggal 10 (bulan Rajab) itu puasa,” pungkas Mbah Moen.

Nah, sudah tahu solusi berpuasa di 10 hari pertama bulan Rajab sekaligus salah satu keutamannya? Mari kita laksanakan. (Wf01)

KPU Bangkalan