Eksotika Giliyang: Pulau Kesehatan Aset Visit Sumenep Years 2018. Siapkah?

Mata Madura - 10/11/2016
Eksotika Giliyang: Pulau Kesehatan Aset Visit Sumenep Years 2018. Siapkah?
Pantai Pulau Kesehatan, Giliyang, Sumenep - ()
Penulis
|
Editor
Link Banner
Pantai Pulau Kesehatan, Giliyang, Sumenep

Pantai Pulau Kesehatan, Giliyang, Sumenep

MataMaduraNews.comSUMENEP-Pulau Giliyang, Kecamatan Dungkek, Sumenep, Madura, Jawa Timur, dikenal dengan pulau yang memiliki kadar oksigen  tinggi. Klaim ini,  bisa dilihat dari sampel udara dan ikan yang berada di sekitar Pulau Giliyang. Meski terik matahari, hembusan angin seperti semburan dingin AC (air conditioner).

Pulau yang memiliki luas 9,15 km persegi itu terdiri dari dua desa. Desa Banraas dengan 4.200 jiwa penduduk dan Desa Bancamara mempunyai 3.860 jiwa penduduk.Untuk sampai di Pulau Giliyang, bisa dilalui dari Pelabuhan Dungkek. Perjalanan sekitar 45 menit dengan perahu motor.

Bagi yang baru menginjakkan kaki di Pulau Giliyang, dari kejauhan mendekati pulau, dapat dirasakan udara yang bersih. Kian dekat ke darat, udara sejuk begitu terasa. Paru-paru terasa segar. Tidak heran, sebagian orang menyebut pulau ini dengan sebutan pulau awet muda. Dan benar. Banyak penduduk Pulau Giliyang yang berumur di atas 100 tahun.

Hasil penelitian tim Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim LAPAN akhir Juli 2006 lalu dan kaji ulang pada 27 Desember 2011 lalu oleh BLH (Badan Lingkungan Hidup) Sumenep dan Jatim serta pihak BAPEDDA menunjukkan bahwa Pulau Giliyang satu – satunya pulau yang mempunyai oksigen terbaik di dunia.Para peneliti LAPAN, menyebut konsentrasi oksigen mencapai 20,9% dengan level explosif limit (lel) 0,5%.

Belum ada temuan yang menyebabkan kandungan oksigen nomor satu di dunia. Sebagian orang setempat menyebut, kadar oksigen tinggi efect dari tingginya perputaran udara dari laut yang ada disekitar pulau. Pulau Giliyang diapit dua pulau. Sebelah barat, ujung timur Pulau Madura. Sebelah timur, pantai Pulau Sapudi. Sebelah selatan, Pulau Talango. Sisi utara hamparan laut bebas antara bibir pantai ujung timur Pulau Madura.

Saat ini, Pemkab Sumenep sedang merancang tahun berkunjung Sumenep 2018 (Visit Sumenep Years). DPU Cipta Karya dan Tata Ruang bersama BPWS sedang membangun penyediaan tandon air. “Pembangunan sedang dikerjakan untuk menarik wisatawan datang ke Pulau Giliyang,” terang Masdawi, anggota DPRD Sumenep asal Pulau Giliyang.

Selain kadar oksigen yang tinggi, Pulau Giliyang juga memiliki banyak objek wisata yang sangat bernilai dan eksotis. Salah satunya Gua Mahakarya dan Gua Petapan. Hal ini bisa memicu kedatangan para wisatawan untuk menikmati keindahan Pulau Giliyang dan menikmati wisata kesehatan.

Bagaimana peran SKPD terkait menyambut Visit Sumenep Years?

Yono, Mata Madura

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
--> -->