Catatan

Kiai Ma’ruf, Seperti Berjalan di Atas Angin

×

Kiai Ma’ruf, Seperti Berjalan di Atas Angin

Sebarkan artikel ini
KH. Moh. Ma'ruf, Rais Syuriyah MWC NU Gapura
Kiai Ma'ruf, Seperti Berjalan di Atas Angin (In Memoriam KH. MOH. MA'RUF, Rais Syuriyah MWC NU Gapura). (Foto Design by A. Warits/Mata Madura)

(In Memoriam KH. MOH. MA’RUF, Rais Syuriyah MWC NU Gapura)

Catatan: Ahmad Zaynun*

Saya mengenal sosok Kiai Ma’ruf dari Ayah dan Ibu. Saya selalu khidmat menyimak setiap Ayah atau Ibu bercerita tentang para guru-guru di Nasy’atul Muta’allimin. Dan salah satu yang sering diceritakan oleh Ayah dan Ibu adalah sosok Kiai Ma’ruf. Beliau adalah sosok yang sangat tekun, tawadlu’, rendah hati dan memiliki perangai yang begitu halus.

Dulu di Nasy’atul Muta’allimin beliau mengajar mata pelajaran Geografi. Dari begitu menguasainya terhadap peta Indonesia, beliau bisa menggambar secara detail dan rinci peta wilayah Indonesia tanpa harus melihat contohnya.

Saat saya sekolah di Nasy’atul Muta’allimin beliau sudah pensiun mengajar. Tetapi dalam setiap kegiatan tahunan seperti Haflatul Imtihan beliau tidak pernah absen.

Beliau termasuk anggota aktif pengajian Riyadus Shalihin yang diadakan oleh KH. Fawaid Baidlawi. Beliau begitu tekun menyimak dan memaknai kitab yang dibacakan oleh Kiai Fawaid. Di hadapan Kiai Fawaid  beliau tetap memosisikan diri sebagai santri, sekalipun umur Kiai Fawaid jauh lebih muda dari beliau. Setiap menghadiri “kompolan” beliau senantiasa membawa motor Honda Grand Astrea yang entah tahun keluaran berapa. Tapi motor itulah yang senantiasa menemani beliau, bahkan saat sudah menjadi pengurus MWC NU Gapura.

Beliau adalah tipe orang yang tidak suka diagung-agungkan. Pernah suatu ketika saat kegiatan Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) beliau termasuk salah satu pesertanya. Saat kegiatan rihlah semua peserta dipecah untuk mendatangi para pengurus NU setempat untuk wawancara termasuk juga Kiai Ma’ruf. Teman anggota beliau agak khawatir dengan kondisi fisik dan usia yang tergolong agak sepuh, sehingga menawarkan pada beliau untuk diantar pakai motor, tetapi beliau menolak dengan tegas dan tetap berjalan kaki seperti peserta yang lain. Beberapa peserta menjadi saksi saat perjalanan tersebut. Kiai Ma’ruf yang awalnya begitu dikhawatirkan justru malah menjadi peserta yang paling semangat menjalani kegiatan rihlah. Bahkan ada yang menyaksikan Kiai Ma’ruf seperti berjalan di atas angin.

Saat itu hujan agak deras mengguyur lokasi pembaiatan peserta PKPNU. Di saat yang lain lari untuk mencari tempat berteduh beliau tetap berdiri tegak tak bergeser sedikitpun di tengah lapangan. Ada salah seorang panitia datang memberi payung untuk beliau _karena melihat posisi beliau sebagai Rais Syuriah dan kondisi usia yang sudah agak sepuh_ tetapi beliau menolak payung tersebut.

Empon dhina tak usah, bulà padà bài kea ban se laen, (Sudah tidak usah (payung), posisi saya juga sama seperti yang lain,” ujarnya waktu itu.

Beliau tidak hanya memberi petuah untuk semangat dan aktif di NU, tetapi langsung memberi contoh nyata. Kesederhanaan hidup selalu tampak dalam kehidupan beliau. Terbukti, beliau tidak pernah sungkan untuk naik becak bersama istri ketika hendak bepergian.

Terakhir saya berjumpa dengan beliau saat kegiatan Bahtsul Masa’il yang ditempatkan di PP Nasy’atul Muta’allimin. Dalam sambutannya saat itu, beliau berpesan sudah saatnya para pemuda mengisi dan ikut berperan aktif di NU lewat banom-banom kepemudaan NU, seperti IPNU, IPPNU, Fatayat, Ansor, Banser, dsbg. Sambutan beliau itu seperti memberi isyarat bahwa yang sepuh-sepuh pasti tiada dan harus ada kader-kader muda yang menggantikan.

Kini beliau telah mengahadap Allah SWT. meninggalkan kita semua. Semoga ladang amal yang beliau semai menjadi jalan yang begitu lapang kepada beliau untuk berjumpa dengan orang-orang yang beliau cintai. Semoga beliau dikumpulkan dengan para Muassis NU, para Ulama’ dan orang-orang soleh. Selamat jalan Kiai 😭😭😭😭😭😭

Alfatihah….

06.45 WIB.

25 Jumadil Awal
di PP Nasy’atul Muta’allimin.

*Penulis bernama lengkap A. Zainol Hasan. Pengurus Lembaga Ta’lif Wan Nasyr (LTN) MWC NU Gapura Masa Khidmat 2015-2020.

KPU Bangkalan
Tanah Kas Desa
Hankam

matamaduranews.com-WINANTO bertanya lokasi TKD ber-Letter C yang ramai…