Menu

Mahasiswa PMM UMM di Sampang Ajarkan Desain Grafis pada Masyarakat Desa Gulbung

Mahasiswa PMM UMM di Sampang Ajarkan Desain Grafis pada Masyarakat Desa Gulbung
Mahasiswa PMM UMM Kelompok 9 Gelombang 4 di Desa Gulbung, Kecamatan Pangarengan, Sampang memberikan pelatihan desain grafis pada warga Desa Gulbung, Senin (24/08/2020). (Foto for Mata Madura)
Link Banner

matamaduranews.comSAMPANG-Sadar akan pentingnya penggunaan teknologi yang semakin canggih, mahasiswa PMM UMM Kelompok 9 Gelombang 4 di Sampang mengajarkan desain grafis pada masyarakat Desa Gulbung, Kecamatan Pangarengan, Senin (24/08/2020).

Pelatihan desain grafis tersebut dilakukan kelompok PMM UMM yang diampu Ririn Harini, S.Kep.N, M.Kep dengan ikut serta dalam kegiatan belajar mengajar komputer pada warga Desa Gulbung yang dinaungi Lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mitra Sejati.

Safira, salah satu anggota PMM UMM Kelompok 9 Gelombang 4 mengungkapkan, pelatihan keterampilan komputer itu dilakukan untuk membantu masyarakat Desa Gulbung agar mendapat bekal keterampilan dan kemampuan dalam menggunakan dan memanfaatkan perangkat komputer.

Pasalnya, perangkat komputer saat ini sudah menjadi kebutuhan prioritas dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Desa Gulbung agar lebih berkualitas.

“Bentuk kegiatan yang dilaksanakan yaitu pelatihan keterampilan komputer Microsoft Word, Powerpoint, Excel, Desain Photoshop dan Corel Draw. Peserta juga diberikan pemahaman untuk menggunakan internet secara bijak,” terang Safira, Rabu (26/08/2020) siang.

Masing-masing peserta dalam pelatihan tersebut diberikan durasi waktu 3 jam untuk belajar mulai dari mengetik sampai mendesain. Adapun jumlah peserta hanya 14 orang, mengingat adanya protokol kesehatan yang harus diterapkan.

“Pesertanya kita batasi, supaya tetap bisa menjalankan pelatihan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19,” jelas Safira.

Baca Juga: Mahasiswa PMM UMM di Sampang Buat Jamu Empon-Empon untuk Warga Desa Gulbung

Sementara itu, Lailiyatul Amalia selaku Koordinator PMM UMM Kelompok 9 Gelombang 4 mengungkapkan, masyarakat di Desa Gulbung masih banyak yang belum paham akan keterampilan penggunaan komputer.

Oleh karena itu, pihaknya berinisiatif membantu masyarakat untuk lebih menguasai keterampilan komputer agar tercipta SDM yang berkualitas. Karena era sekarang akan memaksa masyarakat untuk bisa komputer supaya tidak tertinggal dengan masyarakat di wilayah lain.

“Harapan kami nantinya dengan adanya kualitas SDM Desa Gulbung yang unggul dapat membantu masyarakat di masa depan, baik dalam masa pendidikan atau ketika mereka sudah bekerja. Selain itu, kita juga harus bersikap lebih peduli dan kritis terhadap segala sesuatu yang terjadi pada dunia sekitar kita,” ungkapnya.

PMM UMM di Sampang

Bantuan mengajar dari mahasiswa PMM UMM Kelompok 9 Gelombang 4 itu pun mendapat sambutan baik dari Hariadi selaku Pengurus PKBM Mitra Sejati, karena sangat membantu dalam mengajar pelatihan computer yang diselenggarakan pihaknya.

“Dengan ikut sertanya mahasiswa PMM UMM dalam proses mengajar pelatihan komputer, kami harap para peserta pelatihan harus lebih semngat lagi karena ada teman-teman KKN yang bisa membantu dalam proses belajar nantinya,” ungkap Hariadi.

Menurutnya, peningkatan kualitas sumber daya manusia harus dilakukan sebagai langkah menuju terciptanya generasi emas. Dengan menguasai komputer, maka dapat memiliki knowledge and power.

“Ini penting untuk dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di dalam kompetisi tenaga kerja di era globalisasi sekarang ini,” pungkas Hariadi.

Rafiqi, Mata Madura

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Tinggalkan Balasan

Mata
Mata
Lowongan

Ra Fuad Amin

Disway

Tasawuf

Inspirator

Catatan

Opini & Resensi

Sastra

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional

%d blogger menyukai ini: