CatatanPolitik

Siapa Lawan Lora Fauzi di 2024?

×

Siapa Lawan Lora Fauzi di 2024?

Sebarkan artikel ini

Catatan: Hambali Rasidi

Pilkada Sumenep 2024
Bupati Sumenep Ra Achmad Fauzi
Siapa Lawan Lora Fauzi di 2024?
Hambali Rasidi

TAK sedikit yang bertanya. Siapa lawan Bupati Lora Achmad Fauzi di Pilkada Sumenep 2024?

Pertanyaan itu mulai bergulir. Maklum, meski baru menjabat Bupati Sumenep akhir Februari 2021. Pilkada Sumenep bakal kembali digelar di tahun 2024. Tepatnya Pilkada Serentak bersama pemilihan gubernur se Indonesia.

Sisa waktu 2 tahun terasa singkat. Ibarat mesin, sebelum starter. Mulai persiapan untuk manasin. Kata lain, mereka yang berhasrat di Pilkada Sumenep 2024 perlu mengecek.

Apakah onderdil-onderdil itu bisa dipakai lagi. Atau ada suku cadang yang usang untuk diganti yang baru.

Bagi pegiat politik lokal. Kepemimpinan Fauzi Eva menarik di-ulik. Menjabat di tengah pandemi Covid-19. Dan masa jabatan sekitar 3,5 tahun.

Pertanyaan yang mengemuka, apa yang sudah dilakukan Fauzi-Eva selama memimpin Kabupaten Sumenep?

Waktu setahun menjabat memang tak terlihat dibanding jejak peninggalan bupati sebelumnya. Apalagi, Fauzi-Eva dilantik setelah penyusunan APBD Sumenep 2021 menjadi dokumen yang tinggal dilaksanakan.

Setidaknya, tagline Bismillah Melayani sebagai bentuk penjabaran dari 8 program unggulannya sudah tertata satu persatu.

Salah satu di antaranya peningkatan kualitas pelayanan dan pembangunan kesehatan dasar dan smart city. Progres capaian 8 program unggulan Fauzi-Eva akan diulas lain waktu.

Kembali ke pertanyaan, siapa berani melawan Bupati Lora Fauzi di Pilkada Sumenep 2024?

Ada banyak variabel untuk mengetahui pesaing kuat incumbent. Salah satunya adalah popularitas dan kemampuan kapital sebagai penguat biaya politik.

Jika bicara popularitas. Ada banyak sosok yang bisa mengimbangi calon incumbent.

Sebut saja, nama itu Nyai Eva, yang kini menjadi Wabup Lora Fauzi. Popularitas dan elektabilitasnya bisa saling kejar dengan Lora Fauzi.

Urutan berikutnya, dari tokoh kultur. Sebut saja, Kiai Unais, Ambunten. Kiai Ilyasi (Ketua Gerindra dan adik Kiai Ramdlan).

Kiai Fikri (Pengasuh Annuqayah dan Ketua PPP). Juga ada Bunda Fitri, istri Kiai Busyro, Bupati Sumenep periode 2010-2021.

Dari kelompok milenial, ada Ra Mamak (putra alm Kiai Warits, Annuqayah) dan Hairul Anwar (pengusaha muda dan politisi PAN).

Nama-nama yang disebut di atas masuk bursa nominator yang diperhitungkan saat konsultan politik melakukan survei jelang Pilkada Sumenep 2020, lalu. Meski angka presentase-nya beragam.

KPU Bangkalan