Srikaya; Sejuta Khasiat Hingga Akarnya

Mata Madura - 04/05/2016
Srikaya; Sejuta Khasiat Hingga Akarnya
Buah Srikaya (Annona Squamosa L.) Ist. - ()
Penulis
|
Editor
Link Banner

Seperti Buah Kersen maupun Daun Kelor, tak banyak orang yang tahu akan ragam manfaat dari buah yang satu ini. Jika disebut namanya, khususnya di kabupaten ujung timur pulau Madura ini, banyak yang hanya akan mengingatnya sebagai tanaman yang biasa tumbuh liar di pagar alami rumah warga di desa-desa. Padahal sebagaimana namanya yang mengandung kata “Kaya”, Srikaya memiliki sejuta khasiat pengobatan dari daun, buah, biji, kulit, bahkan hingga akar-akarnya.

Srikaya _yang dalam bahasa latin bernama Annona Squamosa L., merupakan tanaman buah yang memiliki banyak sebutan di berbagai daerah di Indonesia. Ada yang menyebutnya delima bintang, serba bintang, sarikaya, seraikaya, serkaya, surikaya, srikawis, sarkaja, serakaja, sirikaja, garoso, ata, atis soe walanda, sirikaya, sirikaja, dan hirikaya. Buah yang juga terkenal sebagai buah Nona atau Mona ini adalah salah satu jenis tanaman berbuah yang berasal dari daerah tropis. Dalam klasifikasi ilmiah, buah srikaya juga merupakan buah yang masuk dalam golongan genus Annona yang terdiri dari sekitar 120 spesies.

Dilansir dari berbagai situs kesehatan, segala bagian dalam Srikaya mengandung masing-masing unsur atau elemen-elemen yang banyak bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Khususnya di bagian buah, kandungan gizi di dalamnya sangat berlimpah. Tentang hal ini, banyak sumber menyebutkan, buah Srikaya mengandung energi sebesar 101 kilokalori, 1,7 gram protein, 25,2 gram karbohidrat, 0,6 gram lemak, 27 miligram kalsium, 20 miligram fosfor, dan 1 miligram zat besi.

Selain itu, kata sumber ini, di dalam buah Srikaya juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 22 miligram. Hasil tersebut didapat dari penelitian yang dilakukan terhadap 100 gram buah Srikaya, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 58 %. Berikut, Mata Sumenep telah merangkum beberapa manfaat Srikaya dari buah hingga akarnya.

Manfaat Buah Srikaya
1. Menurunkan Kolesterol Tinggi
Kandungan niasin yang cukup banyak dalam buah Srikaya mampu menurunkan kadar kolesterol bagi penderita kolesterol. Konsumsi rutin buah ini akan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh manusia.
2. Melancarkan Pencernaan
Mengandung serat yang tinggi menjadikan buah Srikaya baik untuk dikonsumsi bagi para penderita konstipasi (susah BAB). Sebab serat tersebut berguna untuk memperlancar pencernaan pada manusia.
3. Mencegah Diabetes
Selain bermanfaat memperlancar pencernaan, serat yang terdapat dalam Srikaya dapat memperlambat laju penyerapan gula darah dalam tubuh manusia. Sehingga, dengan mengkonsumsi buah ini kita dapat mencegah dari dari penyakit diabetes.
4. Obat Diare
Tak harus menunggu masak, buah Srikaya yang masih muda mampu mengobati Diare. Hal ini karena kandungan berbagai vitamin dan mineral dalam buah Srikaya sangat efektif untuk membantu menyembuhkan diare.
5. Mencegah Asma
Dengan kandungan vitamin C yang merupakan salah satu jenis antioksidan, sudah tentu membuat Srikaya dapat menjadi pencegah beberapa penyakit. Salah satunya seperti penyakit Asma.
6. Menurunkan Hipertensi
Selain vitamin C, Srikaya juga mengandung potassium yang berperan menurunkan tekanan darah pada tubuh manusia. Karena itu, mengonsumsi rutin buah Srikaya ini sangat efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
7. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke
Dengan kandungan vitamin B yang dimiliki, buah Srikaya dapat mencegah perkembangan dari homocystein dimana dengan jumlah besar homocystein dapat menyebabkan stroke dan jantung koroner.
8. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi
Buah Srikaya juga mengandung magnesium. Kandungan ini dapat membantu kita dalam menjaga kepadatan tulang, termasuk juga gigi.
9. Menunjang Pertumbuhan Otak Bayi
Tak disangka, buah Srikaya juga mengandung asam folat. Asam folat merupakan kandungam nutrisi yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan otak bayi. Maka dari itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat untuk kebutuhan otak janin.

Manfaat Biji Srikaya
Umumnya, buah Srikaya dikonsumsi tanpa melibatkan biji. Bahkan ketika ikut tertelan, bijinya pun akan keluar bersama feses dengan keadaan utuh. Karena itu, selain untuk keperluan ditanam, selama ini mayoritas mayarakat tidak faham bahwa biji buah ini mengandung banyak manfaat. Padahal, jika harus terbuang percuma, ada baiknya kita tahu bijinya pun bisa digunakan mengatasi berbagai penyakit yang diderita.

Dengan langkah khusus yang bisa pembaca cari di berbagai situs kesehatan, setidaknya biji Srikaya bermanfaat untuk mengatasi pencernaan lemah, cacingan, dan mematikan kutu kepala dan serangga. Bahkan, tumbukan biji hitam yang disertai sedikit garam juga bisa digunakan untuk mematangkan bisul agar cepat sembuh dengan bantuan kain kasa.

Manfaat Daun Srikaya
Selain buah dan biji, Srikaya ternyata memiliki beberapa khasiat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Memang, daun Srikaya berasa pahit di lidah. Namun, di balik rasanya yang pahit itu, justru ia memiliki sejuta manfaat untuk tubuh kita. Dengan cara tertentu, daun Srikaya dapat bermanfaat sebagai obat antiradang, mengobati penyakit batuk ringan, menyembuhkan demam, meredakan nyeri reumatik, membantu menurunkan kadar asam urat, mengobati diare, mengobati disentri, membantu melancarkan pencernaan, menyembuhkan flu, dan sejumlah penyakit kulit seperti borok, bisul, skrabies, kudis dan ekzema.

Selain beberapa manfaat di atas, sebenarnya masih banyak lagi manfaat daun Srikaya. Diantaranya, seperti digunakan untuk kesehatan rambut; yaitu mengurangi rambut rontok, menghilangkan kutu pada rambut, dan berbagai manfaat lainnya yang baik untuk tubuh.

Manfaat Kulit Pohon dan Akar Srikaya
Sebagaimana disinggung sedari awal, buah berwarna hijau ini memang pantas bernama Srikaya. Bagaimana tidak, seperti namanya ia sangatlah kaya. Saking kayanya akan manfaat, kulit pohon dan akarnya pun juga sangat berkhasiat mengobati berbagai penyakit ringan hingga depresi mental.

Dikutip dari sebuah sumber kesehatan, kulit pohon dari pada Srikaya bisa digunakan untuk mengatasi diare, disentri, dan luka berdarah. Sementara Akarnya, bisa digunakan untuk mengobati sembelit, disentri akut, nyeri tulang punggung dan depresi mental.

Zat Racun dalam Srikaya
Tak hanya melulu khasiat, terdapat satu kandungan dalam Srikaya juga bisa berakibat fatal bagi manusai. Karena itulah, para pembaca harus hati-hati dalam memanfaatkan jenis genus yang satu ini.

Selain beragam gizi yang baik, sebenarnya Srikaya juga mengandung racun bernama annonain dan resin. Berkat kandungan ini, Srikaya seringkali dijadikan sebagai anti hama atau racun bagi hama. Annonain paling banyak dijumpai pada biji Srikaya. Oleh karena itu, proses pembuatan obat herbal dengan berbahankan buah atau bagian lain dari Srikaya, sebaiknya dilakukan dengan cara yang tepat dan oleh orang-orang yang ahli di bidangnya. Karena tidak menutup kemungkinan, kesalahan dalam ramuan membuat racun tersebut justru akan membahayakan tubuh manusia.

Itu sebabnya, meski buah Srikaya mengandung asam folat yang sangat bagus bagi perkembangan otak bayi, disisi lain ibu hamil dilarang keras untuk meminum atau menggunakan air rebusan yang berbahankan Srikaya sebagai obat herbal. Baik itu dari biji, daun, kulit pohon, akar, bahkan hingga buahnya sekalipun.

Jika terpaksa harus membuat obat herbal dari Srikaya, terutama berupa air rebusan, maka hati-hati dalam mengolah biji, kulit kayu dan akar pohon Srikaya, karena di dalamnya mengandung dua jenis racun diatas. Karena itu, para medis dalam banyak sumber menyarakan, penggunaan bahan Srikaya sebagai olahan obat herbal sebaiknya didampingi atau atas pengarahan para herbalis yang sudah berpengalaman di bidangnya. (rfq/diolah dari berbagai sumber)

1 Komentar pada “Srikaya; Sejuta Khasiat Hingga Akarnya”

  1. clara berkata:

    Selain itu juga ada PEMANFAATAN EKSTRAK DAUN SRIKA VA (Anona squamosa)
    SEBAGAllARVASIDA NYAMUK Aedes aegypti yang dilakukan oleh civilitas unair http://repository.unair.ac.id/45799/

Tinggalkan Komentar

Close Ads X
--> -->
%d blogger menyukai ini: